Charger Batere TAMIYA pakai Power Supply Komputer,Bisa?

Charger Tamiya Dari Power Supply Komputer

Charger tamiya ada beberapa jenis, salah satunya adalah charger bom. Maksud dari istilah charger bom adalah charger baterai yang dapat mengisi baterai dalam waktu yang singkat. Proses mengisi baterai yang cepat sangat diperlukan dalam perlombaan tamiya. Dalam artikel ini akan kami sampaikan cara membuat charger bom untuk lomba yang murah dan tidak murahan. Charger bom ini dibuat menggunakan power supply komputer. Baterai yang dapat diisi dengan charger bom dari power supply ini adalah jenis NICD, NIMH maupun NIZN, karena charger ini dibuat sederhana dan tanpa peralatan tambahan maka biaya pembuatan pun tidak mahal. Bahan-bahan pembuatan charger bom untuk tamiya ini adalah :

  • Power Supply Komputer

charger tamiya,charger bom,charger bom tamiya,membuat charger bom,harga charger tamiya,harga charger bom,pesan charger tamiya,jual charger tamiya,jual charger bom,charger power suply,charger tamiya power supply,charger bom murah,charger bom sederhana

Charger AA,Charger baterai AA

Power supply komputer yang digunakan sebaiknya berdayaminimal 450 watt, kemudian bagian power supply seperti kipas dan casing dibiarkan tetap sepertiadanya, hanya jalur tegangan + 5 volt dan ground saja yang digunakan.

Cara Membuat Charger Tamiya Dari Power Supply

Cara membuat charger bom tamiya ini dapat dilakukan dengan beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Melepas semua kabel output power supply komputer.
  2. Menghubungkan atau jumper jalur PS-ON ke PG
  3. Mengganti kabel ouput +5 volt dengan yang lebih besar.
  4. Membongkar charger baterai isi 2 dan hanya mengambil bagian casing dan terminal baterai saja kemudian menghubungkan secara seri termianal baterai.
  5. Menghubungkan sisi positif terminal baterai ke jalur + 5 volt dan terminal negatif ke jalur ground power supply komputer.
  6. Merakit atau memposisikan casing charger baterai ke bagian atas power supply komputer sehingga terlihat rapi.

Setelah proses diatas selesai dilakukan maka charger baterai siap digunakan untuk charger baterai. Proses pengian baterai dengan charger baterai tamiya bom ini akan memerlukan waktu sekitar 2-3 menit. Indikasi baterai penuh pada charger ini adala suhu baterai meningkat, apabila telah terasa hangat maka baterai segera di lepas dari charger untuk menghindari baterai over heat (panas yang berlebih).

Untuk power supply komputer tipe tertentu memiliki sensitifitas short circuit protectio yang berbeda, apabila terjaditrip atau power supply tiba2 mati pada saat baterai yang dipasang maka hal itu adalah salah satu akibat dari sistem proteksi yang bekerja. Agar power supply hidup lagi lepas kabel power selama 30 detik dan hubungkan kembali ke line PLN. apabila terjadi lagi maka perlu ditambahkan resistor 1 Ohm 10 watt yang diparallel 4 buah dan digunakan untuk membatasi arus pengisian baterai. Cara pemasangannya adalah dengan memasangkan seri resitor tersebut pada jalur + 5volt sebelum diberikan ke terminal positif baterai. Semoga artikel charger tamiya ini dapat membantu dan memberikan manfaat bagi pembaca semua.

Wah ngeri juga gan itu kalau sampek overload gimana :smiley: bahaya lah mending gunain sesuatu sebagaimana mestinya ahahahha but nice info!