Cerita Pendek Tentang Lilin

Suatu malam seorang pria mengambil sebuah lilin kecil dari sebuah kotak dan mulai menaiki tangga yang panjang dan berkelok-kelok.

Lilin : kemana kita pergi?
Pria : kita naik lebih tinggi dari rumah untuk menunjukkan kapal-kapal itu ke pelabuhan.

Lilin : Tapi tidak ada kapal di pelabuhan yang bisa melihat cahayaku, sangat kecil sekali.
Pria : Jika cahayamu kecil, teruslah menyala terang dan tinggalkan aku padaku.

Ketika mereka sampai di puncak tangga panjang, mereka sampai di sebuah lampu besar. Lalu ia mengambil lilin kecil itu dan menyalakan lampu.

Segera cermin besar yang dipoles di belakang lampu mengirimkan sinar terang melintasi mil laut.

Awal dari longsoran salju adalah sedikit setetes salju dan karena gulungan itu menjadi hebat. Saat matahari bersinar apa yang bisa dilakukan lilin kecil? Tapi di kegelapan malam yang gelap, bahkan lilin kecil pun mendapat manfaat karena mengusir kegelapan. Kita masing-masing memiliki peran kecil dalam hidup ini di bumi. Bila kita terus bersinar dan melakukan tugas kita dengan tekun kita menjadi penting bagi dunia dan menemukan tujuan hidup kita. Peran kita mungkin signifikan atau tidak berarti, tetapi apa yang penting betapa tekun dan tulusnya kita dalam mengejar tanpa keputusasaan.

Sebuah lilin kecil atau korek api bisa menyalakan api hutan. Api kecil contoh bagus Anda sebenarnya bisa mengubah kehidupan orang lain tanpa Anda menyadarinya. Dapatkah saya menjadi terang bagi hidup saya dan kehidupan orang lain?

Seberapa penting cahayaku? Apakah saya menghargai cahaya saya sendiri? Upaya apa yang saya ambil untuk meneruskan cahaya dari lilin kecil saya ke orang lain?

“Tanpa mengetahui apa saya dan mengapa saya berada di sini, hidup itu tidak mungkin.”

source :

Segala sesuatu kebaikan walaupun kebaikan tersebut hanyalah sangat kecil, tetapi ketika kita memberikannya pada waktu dan tempat yang tepat, maka kebaikan tersebut sangatlah berarti bagi orang atau hal yang kita beri kebaikan tersebut. Lakukanlah setiap kebaikan yang bisa kita lakukan. Karena setiap kebaikan tersebut sangatlah berarti