Cerita Pendek Inspiratif : Dua Pemandu Wisata

Ada dua grup pariwisata yang pergi bertamasya ke pulau Yi Do di Jepang.Kondisi jalannya sangat buruk, sepanjang jalan terdapat banyak lubang.

Salah satu pemandu berulang-ulang mengatakan keadaan jalannya rusak parah dan tak terawat.

tourguide6

Sedangkan pemandu yang satunya lagi berbicara kepada para turisnya dengan nada puitis, “Yang kita lalui sekarang ini adalah jalan protokol ternama di Yi Do yang bernama jalan berdekik yang mempesona.”

kadang cara kita berbicara pada seseorang, atau sudut pandang kita berpengaruh terhadap penilaian orang tersebut pada kita atau pada tema yang kita ceritakan.

Jika pembicara pertama mengatakan “A itu sulit”, dan di lain tempat pembicara kedua mengatakan “A tidak mudah dilakukan, tapi dengan berusaha pasti bisa”,

Menurut anda, manakah yang lebih nyaman anda dengarkan dari dua pertanyaan di atas? bagaimana menurut anda sudut pandang dan pola pikir pembicara yang pertama dan pembicara yang kedua?

SUMBER
http://www.apakabardunia.com/2011/07/10-kisah-lucu-penuh-motivasi.html

Kadang cara kita mengutarakan sesuatu pada seseorang bisa membentuk perspektif orang tersebut terhadap kita dan materi yang kita bahas, maka dari itu pandai-pandailah anda untuk menyampaikan sesuatu.