Cerita Mini: The Elephant Rope

Elephant

The Elephant Rope

Ketika seorang pria berjalan melewati sekumpulan gajah, ia tiba-tiba berhenti. Ia bingung dengan fakta bahwa makhluk-makhluk besar itu sedang diikat hanya dengan sebuah tali kecil yang terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai, tidak ada kandang. Jelas sekali bahwa gajah bisa melepaskan diri dari ikatan mereka kapan saja. Tetapi entah untuk beberapa alasan, mereka tidak melakukannya.

Dia melihat seorang pelatih di dekatnya dan bertanya kepada pelatih tersebut.

“Mengapa hewan-hewan itu hanya berdiri di sana dan tidak berusaha untuk melarikan diri?”

"Yah, ketika mereka masih sangat muda dan jauh lebih kecil, kami menggunakan ukuran tali yang sama untuk mengikat mereka. Dan, pada usia tersebut, tali itu sudah cukup untuk menahan mereka. Saat mereka tumbuh dewasa, mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Mereka percaya bahwa tali tersebut masih bisa menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk membebaskan diri. ” Begitu penjelasan dari pelatih gajah tersebut.

Pria itu kagum. Hewan-hewan ini bisa saja setiap saat membebaskan diri dari ikatan tali mereka. Tetapi karena mereka percaya bahwa mereka tidak bisa, mereka terjebak tepat dimana mereka berada.

Seperti gajah, berapa banyak dari kita yang menjalani hidup tergantung pada suatu keyakinan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu, hanya karena kita gagal sekali sebelumnya?

Renungan :

Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran. Kita tidak boleh menyerah untuk berjuang di dalam hidup anda.

Apa yang dapat Anda pelajari dari kisah gajah di atas? Apakah Anda memiliki pengalaman gagal yang sulit dilupakan?

Referensi

https://www.google.co.id/amp/successbefore30.co.id/5-cerita-pendek-yang-dapat-memotivasi-dan-menginspirasi-anda/amp/

Dengan mengalami gagal, bila kita terus berusaha bangkit, kita mendapatkan banyak pelajaran dalam hidup. Manusia hebat adalah manusia yang mau belajar dari kegagalannya. Dibalik kegagalan tersimpan sejuta pengalaman hidup yang tak ternilai harganya.

Setiap orang pastilah akan mengalami kegagalan dalam hidupnya. Tidak ada orang sukses yang dapat mencapai kesuksesannya dengan cara yang instan. Semuanya butuh proses. Sekarang semuanya kembali kepada diri kita sendiri, kita haruslah tetap berusaha walaupun kita mengalami kegagalan.

Kisah ini mengajarkan kita bahwa kita harus mengubah cara berpikir kita. Saat kita berpikir bahwa kita tidak mampu melakukan sesuatu, maka kita tidak akan pernah bisa melakukannya. Mengapa? Karena saat kita memiliki mindset seperti itu, sudah jelas kita tidak akan mencobanya. Dan itulah yang dialami oleh gajah dalam cerita tersebut. Lalu apa yang harus kita lakukan? Ubah cara berpikir dan keyakinan kita. KIta harus yakin bahwa kita mampu.