Cerita menampar pipi raja

cerita-lucu-abu-nawas

Suatu ketika Abu Nawas mampir kerumah temannya, seorang yahudi. Ternyata pada hari itu tengah berlangsung suatu pertunjukan musik. Acara nya begitu meriah dan penontonpun begitu ramai semua tamu terlibat dalam acara tersebut termasuk Abu Nawas.

Saat acara selesai semua penonton kehausan dan tuan rumahpun menyuguhkan minuman kepada hadirin. Masing- masing mendapatkan secangkir kopi. Namun ketika hendak meminumnya tiba- tiba ia ditampar oleh si yahudi tadi, karena masih dalam keadaan ramai dan suasana kegembiraan. Hal tersebut tidak dihiraukan kemudian diangkatlah cangkir tadi namun lagi-lagi Abu Nawas ditampar.

Tidak diduga, ternyata tamparan yang diterima oleh Abu Nawas cukup banyak sampai akhir acara. Sembari berjalan pulang, Abu Nawas pun menggerutu

“Sungguh jahatnya orang yahudi itu, main tampar aja. Perbuatan kayak gini gak boleh dibiarin ” gumamnya.

“Tapi, apalah dayaku hendak melarangnya aku bukan siapa-siapa” tambahnya.

Tiba-tiba Abu Nawas punya akal, ia hendak mengajak raja ketempat tersebut.

Keesokan harinya, Abu Nawas menemui sang raja di istana

“Tuan raja, akn kukabarkan berita yang belum tuan ketahui”

“Apa itu Abu Nawas?”

“Ternyata, dinegeri ini ada permainan yang belum hamba kenal dan sangat aneh” Lapor Abu Nawas.

“Dimana?” Tanya raja.

“Ditepi hutan sana tuan” Jawabnya.

“Ya sudah, mari kita lihat” Ajak raja

“ Nanti malam saja tuan. Kita memakai pakaian santri ” Saran Abu Nawas.

Malampun tiba, berangkatlah Raja ditemani oleh Abu Nawas ke tempat yang dimaksud Abu Nawas, yaitu kediaman orang yahudi tersebut. Setelah sampai disana si Yahudi tersebut tengah asyik bermain musik dengan teman-temannya,lalu sang rajapun dipersilahkan duduk .

Tidak berselang lama, sang raja di ajak menari oleh si yahudi, namun raja menolak. Si yahudipun akhirnya menampar dan memaksa sang raja.Sang raja akhirnya menyadari, ternyata permainan inilah yang dimaksudkan oleh Abu Nawas. Tapi apalah daya raja tidak bisa menolaknya setelah dipaksa lagi,

Sang raja pun menari dengan perasaan terpaksa dan keringat yang membasahi sekujiur tubuhnya. Seperti biasa setelah usai menari tuan rumahpun memberikan minuman kepada para undangan. Sementara Abu Nawas berpura – pura izin ke toilet untuk pulang kerumah dan meninggalkan sang raja sendirian.

“Biarkan baginda merasakan sendiri , jika tidak begitu tuan tidak akan mengetahuk keadaan rakyatnya sendiri dan hanya percaya pada laporan menteri dan pengawal” ucap Abu Nawas dalam hati.

Sang raja tetap berada dalam acara tersebut. Namun sayangnya ketika sang raja hendak mengangkat kopi dicangkirnya, sang raja pun terkena tamparan si yahudi seperti yang dialami Abu Nawas kemarin. Hal itu terus berulang sampai kopi dalam cangkir tersebut tinggal sedikit.

Acara pun telah usai dan sang raja akhirnya pulang sendirian.

Keesokan harinya, sang raja langsung mengutus pengawal untuk memanggil Abu Nawas supaya menghadapnya.

Abu Nawaspun dating menghadap raja

“Wahai anu nawas, apa yang kau lakukan tadi malam? Baik sekali perbuatanmu, kau biarkan aku sendiri dipermalukan seperti itu” Tanya naginda dengan perasaan kesal.

“Wahai tuan raja, hamba mohon maaf atas perlakuanku tadi malam. Tapi saya hendak melaporkan bahwa sebelumnya saya juga mengalami hal yang sama seperti yang dialami tuan. Namun setelah saya berfikir apabila hal tersebut saya laporkan jujur pasti tuan tidak akan percaya. Maka dari itu saya langsung bawa tuan ke sana supaya tuan sendiri dan mengetahui apa yang rakyat lakukan dan juga rasakan” Jelas Abu Nawas membela diri

Sang raja terdiam, dan akhirnya tidak bisa membantah ucapan Abu Nawas. Lalu disuruhnya pengawal untuk memanggil si Yahudi tersebut.

Si Yahudi pun datang.

“Hai si yahudi, mengapa engkau berani- beraninya menamparku menamparku tadi malam ?” Tanya raja marah

“Wahai tuan raja, hamba tadi malam tidak mengetahui bahwa itu adalah engkau tuan raja. Jikalau tahu pasti aku tidak akan berani menampar tuan.” Jawab si yahudi membela diri.

Namun ternyata pembelaan si yahudi tidak ada gunanya. Sang raja langsung memerintahkan pengawal untuk menyeret si yahudi kedalam penjara.

“Sekarang terimalah pembalasanku” Ucap raja

“Ampuni hamba tuan” mohon si yahudi.

Setelah kejadian itu, sang raja sadar bahwa ia harus memperhatikan rakyatnya . Raja juga berterimakasih kepada Abu Nawas atas laporannya sehingga ia dapat merasakan menjadi rakyat biasa.

Kisah Abu Nawas: Menampar pipi Sultan

Pada suatu hari, Abu Nawas singgah di rumah kenalannya yang berbangsa Yahudi. Di sana berlangsungnya permainan muzik yang begitu meriah. Ramai orang yang menontonnya. Semua tetamu yang hadir harus terlibat dalam permainan muzik itu termasuklah Abu Nawas yang baru saja masuk. Ada yang bermain kecapi, ada yang menari dan pelbagai lagi. semuanya bersuka ria.
Ketika para tetamu sudah kehausan, tuan rumah menghidangkan kopi kepada para hadirin. Masing-masing mendapat secawan kopi termasuklah Abu Nawas. Ketika Abu Nawas hendak meminum kopi itu, dia ditampar kenalannya yang berbangsa Yahudi itu. Kali pertama ditampar Abu Nawas tidak peduli namun dia terus-terus ditampar setiap kali mengangkat cawan minumannya hingga tamparan yang diterima Abu Nawas pada malam itu cukup banyak sehingga permainan muzik itu selesai sekitar pukul 2 pagi.
Dalam perjalanan pulang Abu Nawas berfikir,
“Jahat benar perangai Yahudi itu, suka menampar tetamu begitu saja. Kelakuan seperti itu tidak boleh dibiarkan berlaku di mana-mana pun. tapi apa dayaku untuk melarangnya dari terus berkelakuan begitu sampai bila-bila?” hati Abu Nawas tertanya-tanya. Tiba-tiba dia mendapat satu akal. Lalu dia bergegas pulang ke rumah.
Keesokan harinya, Abu Nawas mengadap Sultan Harun Ar-Rasyid di istana.
“Ampun tuanku, ternyata terdapat suatu permainan yang belum pernah patik kenal dalam negeri ini tuanku dan permainannya sangatlah aneh,” lapor Abu Nawas.
“Di mana tempatnya?” soal baginda sultan.
“Di tepi hutan sana tuanku,” jawab Abu Nawas.
“Kalau begitu marilah kita pergi lihat,” ajak baginda sultan.
“Nanti malam saja kita pergi berdua tuanku kerana permainan itu dilakukan hanya pada malam hari dan tuanku hendaklah berpakaian sebagaimana rakyat biasa,” kata Abu Nawas lalu baginda sultan Harun Ar-Rasyid pun bersetuju.
Malam itu, setelah bersolat Isyak maka berangkatlah sultan Harun Ar-Rasyid dan Abu Nawas ke rumah lelaki Yahudi itu. ketika sampai di sana, kebetulan lelaki Yahudi itu sedang asyik bermain muzik bersama teman-temannya. Baginda sultan dan Abu Nawas pun dipersilakan duduk.
Ketika diminta untuk menari, baginda sultan yang berpakaian rakyat biasa menolak hingga akhirnya baginda dipaksa menari serta ditampar pipinya kanan kiri. Ketika itu barulah baginda sedar bahawa baginda telah dipermainkan oleh Abu Nawas. Namun apakan daya baginda tidak mampu melawan orang-orang yang turut serta bermain di rumah lelaki Yahudi tersebut.
Maka menarilah baginda sultan sehingga keringat membasahi seluruh tubuhnya yang gendut itu. kemudian barulah kopi diedarkan kepada semua tetamu. Waktu itu pula, Abu Nawas mengambil peluang untuk pulang ke rumah dengan alasan hendak ke bilik air sebentar.
“Biar baginda merasakan sendiri keadaan itu kerana salahnya sendiri yang tidak pernah mengetahui keadaan rakyatnya dan hanya percaya kepada laporan para menteri,” fikir Abu Nawas dalam perjalanan pulang ke rumahnya.
Manakala baginda sultan yang masih berada di rumah lelaki Yahudi itu terus-terus ditampar ketika cuba mengangkat cawan kopinya. Setiap kali baginda melakukannya, setiap kali itulah juga kedua pipinya ditampar sehingga baginda tidak dapat merasa walaus etitik pun air kopinya. Lewat pagi barulah baginda dapat melepaskan diri dari permainan itu.
Sebaik tiba di istana, baginda sultan Harun Ar-Rasyid segera memerintahkan pengawalnya untuk memanggil Abu Nawas.
“Wahai Abu Nawas, sungguh kurang ajar sekali perbuatanmu malam tadi. engkau membiarkan baginda sultan dimalukan seperti itu di depan rakyatnya sendiri,” marah baginda sultan dengan muka merah padam.
“Mohon ampun wahai tuanku. Sebenarnya, malam sebelum itu patik juga telah diperlakukan seperti mana yang telah tuanku diperlakukan. Patik ingin melaporkannya secara jujur kepada tuanku tetapi bimbang jika tuanku tidak percaya. Dari itu, patik mendapat akal untuk membawa tuanku ke sana agar tuanku mengetahuinya dengan mata kepala sendiri perilaku rakyat tuanku yang tidak senonoh itu,” jelas Abu Nawas membela diri.
Mendengar keterangan Abu Nawas, maka fahamlah baginda sultan makna tindakan Abu Nawas itu. lalu baginda menyurut beberapa orang pengawalnya memanggil lelaki Yahudi tersebut supaya mengadapnya.
“Wahai Yahudi, mengapa sebabnya engkau menampar baginda sultan malam tadi?” tanya baginda sultan Harun Ar-Rasyid marah.
“Ampun tuanku, sesungguhnya patik tidak tahu jika tuanku turut serta berada di rumah patik malam tadi. jika sekiranya patik tahu, nescaya patik tidak akan berbuat seperti itu,” jawab lelaki Yahudi itu, cuba membela diri.
Namun malang baginya apabila baginda sultan menolak kata-katanya. Oleh kerana menampar orang termasuk dalam perbuatan maksiat maka baginda sultan mengambil tindakan tegas dengan memerintahkan lelaki Yahudi itu dipenjarakan.
Sejak saat itu, sultan Harun Ar-Rasyid sangat mengambil tahu perihal tingkah laku rakyatnya. Sesungguhnya baginda amat berterima kasih atas laporan yang dibuat oleh Abu Nawas itu.