Cerita Inspiratif : Ranting dan Seikat Ranting

Seorang ayah memiliki keluarga anak laki-laki yang selalu bertengkar satu sama lain. Ketika dia gagal menyelesaikan perselisihan mereka dengan nasihatnya, dia bertekad memberi mereka ilustrasi praktis tentang akibat perpecahan; dan untuk tujuan ini, suatu hari dia menyuruh mereka membawakannya seikat tongkat.

Ranting

Ketika mereka melakukannya, dia menempatkan ikatan kayu itu ke tangan masing-masing berturut-turut, dan memerintahkan mereka untuk memecahkannya berkeping-keping. Mereka mencoba dengan segenap kekuatan mereka, dan tidak mampu melakukannya.

Dia selanjutnya membuka ikatan tersebut, mengambil tongkatnya secara terpisah, satu per satu, dan sekali lagi memasukkannya ke tangan anak-anaknya, yang dengannya mereka berhasil memecahkannya dengan mudah. Dia kemudian berbicara kepada mereka dengan kata-kata ini:

"Anak-anakku, jika kalian memiliki satu pikiran, dan bersatu untuk saling membantu, kalian akan menjadi seperti ikatan kayu ini, tidak terluka oleh semua usaha musuh kalian, tetapi jika kita terbagi di antara diri kita sendiri, kita akan mudah patah semudah tongkat ini. "

Apa yang dapat anda pelajari dari kisah ini?

SUMBER:
https://www.inspirationalstories.com/4/497.html

Intinya adalah dengan bersatu kita menjadi kuat dan tidak mudah dikalahkan oleh masalah, tapi jika kita individualis dan egois, maka kita akan dengan mudahnya hancur oleh permasalahan dunia.