Cerita Inspiratif : Emosi

Sering kita menemukan, bagaimana emosi memberi dampak yang tidak pernah kita inginkan. Tidak sedikit emosi yang meninggalkan efek destruktif. Andaikan saja kita bisa memahami makhluk apa sesungguhnya emosi itu, tentu kita bisa menjadi lebih bijaksana.

Emosi bisa jadi merupakan reaksi atas berbagai kejadian yang berlaku
dalam kehidupan kita. Emosi juga dapat menentukan bagaimana sebuah
kejadian dipahami dan disikapi. Sebuah emosi biasanya berangkat dari prasangka dan stereotip seseorang.

Emosi merupakan bagian dari perasaan kita. Bila tidak dikendalikan, emosi bisa membatasi persepsi kita.
Itu sebabnya, sudah seyogyanya emosi bisa dikendalikan, bukan yang
mengendalikan. Sebab bila emosi dibiarkan masuk dalam logika maka akan jadi berbahaya. Persepsi kita bisa menjadi selektif. Membuat kita hanya melihat apa yang sesuai dengan perasaan kita.

Pesan moral : ketika kita ingin melakukan suatu hal, sebaiknya kita memikirkan hal tersebut dengan matang. Pertimbangkan hal tersebut dengan bijaksana dan membawa kita pada keselamatan

source :

Belajar dari cerita ini, bahwasanya mengendalikan emosi merupakan hal yang sangat penting. Karena jika kita tidak bijaksana, maka emosi akan menguasai diri kita dan menjerumuskan kita ke hal negatif. Bahkan pernah dijelaskan dalam suatu buku orang yang paling hebat itu bukanlah orang yang memiliki IQ yang tinggi, bukan juga orang yang pandai bertarung. Tetapi orang yang paling hebat adalah orang yang dapat mengendalikan emosi.