Cerita Inspiratif : 4 Mahasiswa Yang Cerdas

car1

Suatu malam empat mahasiswa sedang berpesta larut malam dan tidak belajar untuk ujian yang dijadwalkan keesokan harinya. Di pagi hari, mereka memikirkan sebuah rencana.

Mereka membuat diri mereka terlihat kotor dengan minyak dan kotoran. Kemudian mereka mendatangi Dekan dan mengatakan bahwa mereka telah pergi ke pesta pernikahan tadi malam dan dalam perjalanan pulang, ban mobil mereka meledak dan mereka harus mendorong mobil itu kembali. Jadi mereka tidak dalam kondisi untuk mengikuti ujian.

Dekan berpikir sejenak dan mengatakan bahwa mereka dapat menjalani tes ulang setelah 3 hari. Mereka mengucapkan terima kasih dan mengatakan bahwa mereka akan siap pada saat itu.

Pada hari ketiga, mereka muncul di hadapan Dekan. Dekan mengatakan bahwa karena ini adalah Uji Kondisi Khusus, keempatnya diminta untuk duduk di kelas terpisah untuk ujian. Mereka semua sepakat seperti yang telah mereka persiapkan dengan baik dalam 3 hari terakhir.

Tes terdiri dari hanya 2 pertanyaan dengan total 100 Poin.

  1. Nama Anda __________ (1 Poin)

  2. Ban mana yang meledak? __________ (99 poin)

Pilihan - (a) Kiri Depan (b) Kanan Depan (c ) Kiri Belakang (d) Kanan belakang

Kita harus belajar bertanggung jawab atas semua perbuatan kita, jangan sampai kita terkena imbas di belakang nanti.

Apakah inspirasi lain yang dapat anda ambil dari kisah di atas?

SUMBER: https://www.moralstories.org/four-smart-students/

1 Like

Jika anda melakukan sesuatu, anda harus berani bertanggung jawab. Jika anda tidak berani, maka jangan lakukan hal tersebut.

Pertanyaan yang pasti sangat tidak disangka-sangka oleh keempat mahasiswa tersebut. Mereka diuji secara terpisah dengan pertanyaan yang sama namun kemungkinan jawabannya tidak akan sama karena mereka mengawalinya dengan kebohongan belaka.

Inspirasi yang bisa diambil dari cerita singkat tersebut adalah apapun yang sudah kita putuskan harus bisa kita pertanggungjawabkan. Baik atau buruk akibat yang kita terima atas keputusan awal yang kita buat sudah semestinya kita terima, atau dengan kata lain konsekuen.

Segala sesuatu tindakan pasti ada resiko yang mengikuti. sebelum kita melangkah, harus difikirkan dulu langkah yang terbaik agar tidak salah dalam mengambil langkah, dan kita harus senantiasa bertanggung jawab serta menanggung segala resiko dari langkah yang kita ambil.