Cerita Inspiratif : 3 Mainan

Seorang guru menunjukkan tiga mainan kepada seorang siswa dan meminta siswa untuk mengetahui perbedaannya. Ketiga mainan itu sepertinya identik dalam bentuk, ukuran, dan materialnya. Setelah melakukan pengamatan mendalam, siswa tersebut mengamati lubang pada mainan. Mainan pertama itu memiliki lubang di telinga. Mainan kedua memiliki lubang di telinga dan mulut. Mainan ke-3 hanya memiliki satu lubang di satu telinga.

Kemudian dengan bantuan jarum, siswa meletakkan jarum di lubang telinga mainan pertama. Jarum itu keluar dari telinga yang lain. Pada mainan kedua, saat jarum diletakkan di telinga, jarum keluar dari mulut. Dan pada mainan ke-3, saat jarum dimasukkan, jarumnya tidak keluar.

Mainan Pertama mewakili orang-orang di sekitar Anda yang memberi kesan bahwa mereka mendengarkan Anda, semua hal Anda dan perhatian Anda. Tapi mereka hanya berpura-pura melakukannya. Setelah mendengarkan, saat jarum keluar dari telinga berikutnya, hal-hal yang Anda katakan kepada mereka dengan menghitungnya hilang. Jadi hati-hati saat Anda berbicara dengan tipe orang di sekitar Anda, siapa yang tidak peduli dengan Anda.

Mainan Kedua mewakili orang-orang yang mendengarkan semua hal Anda dan memberi kesan bahwa mereka peduli terhadap Anda. Tapi seperti pada mainannya, jarum itu keluar dari mulut. Orang-orang ini akan menggunakan barang-barang Anda dan kata-kata yang Anda sampaikan kepada Anda dengan mengatakannya kepada orang lain dan membawa masalah rahasia untuk tujuan mereka sendiri.

Mainan ketiga, jarumnya tidak keluar dari situ. Orang-orang seperti ini akan menjaga kepercayaan yang Anda miliki di dalamnya. Mereka adalah orang-orang yang bisa Anda andalkan.

Moral: Selalu tinggal di perusahaan orang yang loyal dan dapat dipercaya. Orang-orang, yang mendengarkan apa yang Anda katakan kepada mereka, tidak selalu merupakan hal yang dapat Anda andalkan saat Anda sangat membutuhkannya.

Apa pendapat anda?

SUMBER:

Maka dari itu carilah teman dan pergaulan yang baik bagi kita, yaitu bisa dipercaya dan mau mendengarkan kita serta memberi kita masukan.