© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Cedera apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya Dilaserasi?

gigi

Dilaserasi merupakan kelainan atau penyimpangan bentuk gigi dimana strukturnya mengalami perubahan berupa lengkungan yang tajam pada mahkota atau akarnya. Pada dasarnya munculnya dilaserasi akibat cedera selama gigi sedang mengalami pertumbuhan, Namun cedera seperti apa yang menyebabkan terjadinya Dilaserasi?

Cedera apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya Dilaserasi antara lain :

  1. Trauma fisik dan psikologi
    Trauma terjadi ketika sedang masa pertumbuhan yaitu pada usia 2 sampai 5 tahun, dimana ketika trauma terjadi maka saat itulah mahkota gigi mengalami pergeseran dan akarnya bergerak memutar dengan sendirinya secara bertahap. Trauma terjadi akibat luka fisik atau secara psikis yang terjadi akibat terjatuh, Terpeleset ketika sedang berlari, Berolahraga atau sedang melakukan aktivitas bermain.

  2. Adanya Kista
    Walaupun sangat jarang terjadi dilaserasi karena adanya pertumbuhan kista atau tumor (akibat tumbuhnya sel abnormal diarea akar gigi) Namun perlu diwaspadai jika kista atau tumor adalah salah satu penyebab munculnya dilaserasi. Tumbuhnya tumor pada jaringan pertumbuhan gifi lebih sering muncul akibat perubahan sel baik menjadi abnormal yang baisanya disebabkan karena pola makan buruk jangka panjang atau karena faktor kerturunan.

  3. Infeksi pada saluran akar
    Infeksi bisa terjadi akibat luka yang disebabkan oleh makanan yang tajam, terlalu keras yang dipaksakan untuk tetap dikunyah lalu kondisi tersebut rentan menggores lapisan pembungkus akar kemudian menembus saluran akar sehingga terjadi luka yang menyebabkan kelainan jaringan akar gigi.

  4. Pembentukan benih ektopik
    Pembentukan bakal tumbuh gigi yang berlebihan dan abnormal sehingga mempermudah kelainan dilaserasi pada anak anak pada usia 6 tahun.

  5. Kelainan laring oskopi
    Laring oskopi adalah prosedur yang dilakukan untuk menganalisa dan memeriksa kondisi tenggorokan beserta organ lain yang dekat dengannya misalnya pita suara, Agar ditemukan penyebab dari munculnya suara parau sampai kasus kehilangan suara. Kelainan pada fungsi laring dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan akar gigi.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/dilaserasi/dilaserasi