Catatan misterius yang konon berisikan rangkaian saluran air Giza. Ada yang tau?

image

Meskipun Piramida Agung Giza telah dibangun pada tahun 2.600 SM, konstruksinya hingga kini tetap menjadi sebuah misteri besar. Sekitar 170.000 ton batu kapur diangkut sejauh 805 km dari Aswan ke Giza. Setiap hari, 800 ton tiba untuk membangun piramida agung sampai ketinggian 147 meter. Dilansir dari Abc.net.au, baru-baru ini, satu-satunya catatan kuno langsung dari orang yang terlibat dalam pembangunan piramid agung, ditemukan. Konon catatan tersebut berisikan sebuah rangkaian saluran air Giza. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai isi catatan ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, catatan dalam gulungan papirus yang ditulis oleh seorang pengawas bernama Merer itu, menceritakan ribuan pekerja menggunakan kapal kayu untuk memindahkan balok batu raksasa di sepanjang Sungai Nil. Balok batu tersebut diangkut melalui kanal menuju pelabuhan yang terletak tidak jauh dari lokasi pembangunan piramid agung.

Bukti fisik ini muncul ketika arkeolog menemukan saluran air di bawah piramid tersebut. Mereka juga mengidentifikasi struktur piramid yang kemungkinan merupakan area pengiriman utama untuk 2,3 juta balok batu kapur. Keren ya…

Referensi: https://science.idntimes.com