Carlos Slim Helu : Orang terkaya di dunia dari negara berkembang

Sumber

Biografi Carlos Slim Helu

Pekerjaan
Pemimpin utama dan CEO dari Telmex, America Movil, dan Group Carso

Tempat dan Tanggal Lahir
Kota Meksiko, Meksiko, 28 Januari 1940

Kewarganeraan
Meksiko

Pendidikan
Lulusan dari Universidad Nacional Autónoma de México

Total kekayaan
US$ 48.6 Billion = 653.718.600.000.000 = 653 Triliun Rupiah (2016)

Peringkat menurut forbes

  • Orang terkaya ke-4 di dunia (2016)
  • Orang terkaya di Meksiko

Riwayat hidup

Carlos Slim Helu atau biasa dipanggi Slim lahir di Kota Meksiko, Meksiko pada 28 Januari 1940. Slim merupakan anak kelima dari enam bersaudara dari seorang ayah bernama Julian Haddad Slim dan seorang ibu bernama Linda Helu Atta. Ayah Slim adalah warga negara Lebanon yang akhirnya pindah ke Meksiko dan ibunya merupakan warga negara asli Meksiko.

Sejak kecil Slim sudah bercita-cita menjadi seorang pengusaha, sejak itu pula ia sudah mengasah kemampuannya sebagai seorang pengusaha. Slim mendapat pelajaran dari ayahnya tentang kiat-kiat sebagai seorang pengusaha, antara lain tentang menganalisa laporan keuangan, menjaga catatan keuangan serta memanajemen keuangan.

Slim melanjutkan studinya di Universidad Nacional Autónoma de México (UNAM) dan mengambil jurusan teknik sipil. Setelah lulus ia langsung mempelajari hal-hal tentang bisnis di Chile. Kehebatan Slim dalam membaca laporan keuangan tidak datang begitu saja, saat duduk dibangku kuliah ia juga mempelajari aljabar dan pemrograman linear yang menjadi kunci keberhasilannya di dunia bisnis.

Slim menikahi seorang wanita bernama Soumaya Domit di tahun 1967 dan dari hasil pernikahnnya mereka dikaruniai enam orang anak. Istrinya meninggal dunia pada tahun 1999. Di tahun yang sama, Slim juga menjalani operasi jantung. Setelah operasi tersebut ia menyerahkan urusan bisnis sehari-harinya kepada anaknya.


Riwayat Karir

Slim memulai karirnya dengan menjadi pedagang di Meksiko, selang beberapa lama akhirnya menjadi seorang perantara (makelar). Di tahun 1966 ia sudah menghasilkan 40 juta dollar Amerika. Ia menginvestasikan uangnya pada bidang konstruksi, pertambangan, dan perumahan.

Pada rentang waktu tahun 1970 – 1980 Slim mengembangkan dan membeli perusahaan dari berbagai macam industri. Pada tahun 1980 ia menyatukan berbagai investasi yang dimilikinya pada perusahaan induk bernama “Grupo Galas”.

Perusahaan induk yang Slim miliki akhirnya membeli Telmex dari pemerintah Meksiko pada tahun 1990. Telmex sendiri merupakan perusahaan telekomunikasi. Dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun. Slim terus mengembangkan usahanya hingga ke Amerika Serikat dan seluruh Amerika Latin.

Pada era 2000-an Slim semakin gencar untuk memperluas usahanya pada berbagai bidang, antara lain “The New York Times Company” yang notabene merupakan salah satu surat kabar terkenal di Amerika serta “Volaris” yang merupakan maskapai penerbangan di Meksiko.

Pada tahun 2014 Slim akhirnya berhasil mengakusisi salah satu perusahaan eropa yang bernama “Telekom Austria”. Di tahun 2015 Slim adalah pemegang saham terbesar untuk “The New York Times Company”.


Fakta-fakta

  1. Merupakan orang pertama yang berhasil dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia dari negara berkembang.

  2. Menyukai olahraga baseball.

  3. Slim memiliki darah Lebanon dari ayahnya.

  4. Terkenal akan jiwa hematnya sejak kecil.

  5. Slim sering mengemudikan sendiri mobilnya tanpa bantuan seorang supir.

  6. Hampir setiap hari masyarakat Meksiko membeli barang dari perusahaan yang dimiliki oleh Slim.

  7. Slim menyatakan bahwa ia tidak tertarik dengan uang, ia tertarik dengan perusahaan – perusahaan yang diremehkan dan ingin menjadikan perusahaan tersebut dapat diperhitungkan atau bisa dikatakan sukses.

  8. Slim masih menggunakan kertas dan pulpen sebagai media utama untuk mencatat berbagai keperluannya.

  9. Dikenal sebagai orang yang sederhana.


Quotes

  • “Competition makes you better, always, always makes you better, even if the competitor wins.” - Carlos Slim Helu

  • “If you’re in business, you need to understand the environment. You need to have a vision of the future, and you need to know the past.” - Carlos Slim Helu

  • “Mistakes are normal and human. Make them small, accept them, correct them, and forget them.” - Carlos Slim Helu

  • “I don’t believe too much in luck. I believe in circumstances. I believe in work.” - Carlos Slim Helu

  • “When we face our problems, they disappear. So learn from failure and let success be the silent incentive.” - Carlos Slim Helu

Sumber

Forbes
Forbes (Quotes)
The Famous People
The Richest
The Week
Wikipedia

Carlos Slim adalah seorang investor miliarder kelahiran Meksiko, ia dikenal sebagai orang yang dermawan. Saat ini dia memiliki lebih dari 200 bisnis di berbagai industri dan dinobatkan sebagai sebagai orang terkaya di dunia beberapa tahun secara berturut-turut oleh majalah ‘Forbes’. Dia belajar dasar praktik bisnis dari ayahnya sejak usia dini, dan mulai bekerja dalam bisnis keluarganya saat masih remaja. Setelah lulus dari perguruan tinggi, dia mulai berinvestasi dengan sungguh-sungguh dan perlahan mulai membangun kerajaan konglomerat dan korporasi multi-industri, keduanya dikembangkan dan dibeli olehnya.

Carlos Slim Helú lahir pada tanggal 28 Januari 1940, di Mexico City, Meksiko, orang tuanya masih memiliki darah keturunan Lebanon. Dia adalah satu dari enam bersaudara. Ayahnya adalah pemilik bisnis barang jadi yang sukses.

Slim dan saudara kandungnya diajari bisnis sejak kecil oleh ayah mereka dan pada usia 12 tahun, Slim membeli saham di sebuah bank Meksiko. Meskipun ayahnya meninggal pada tahun 1953, Slim terus bekerja dalam bisnisnya sampai usia 17 tahun.

Ia kuliah di National Otonom University of Mexico, mengambil program belajar teknik sipil. Dia juga mengajarkan pemrograman aljabar dan linear saat di sekolah dan terjun ke bisnis segera setelah lulus kuliah.
Slim lebih memilih memulai sendiri karir bisnisnya dari pada meneruskan bisnis ayahnya yang telah besar, ia memulainya sebagai seorang pedagang di Meksiko dan segera melanjutkan untuk memulai berinvestasi di bisnis perorangan. Pada tahun 1965, ibukotanya telah tumbuh menjadi kota yang cukup besar, ia menggabungkan beberapa perusahaan-perusahaan lain atau membelinya langsung untuk di kembangkan sendiri. Fokus utama bisnisnya adalah konstruksi, pertambangan dan real estate, dan dia terus mengakuisisi bisnis di bidang itu.

Selama tahun 1970an, dia terus mengembangkan kerajaan bisnisnya dengan mendirikan dan membeli perusahaan di berbagai industri. Pada tahun 1980, dia menyatukan berbagai kepentingannya ke perusahaan induk ‘Grupo Galas’, yang membawa semua kepemilikannya bersama-sama.

Pada tahun 1990, ‘Grupo Carso’ menjadi perusahaan publik di seluruh dunia. Ini juga merupakan tahun dimana Slim mulai memperluas pengaruhnya ke komunikasi telepon, bekerja sama dengan ‘France Télécom’ dan ‘Southwestern Bell Corporation’, untuk membeli perusahaan telepon ‘Telmex’ dari pemerintah Meksiko.
Setelah berpuluh-puluh tahun membeli cabang Meksiko dari banyak perusahaan internasional, minat Slim mulai menjangkau di luar Amerika Latin. Dia mengembangkan cabang dari perusahaan teleponnya ‘Telmex’, dan juga membeli saham ‘Tracfone’, sebuah perusahaan mobile yang berbasis di AS.

Dikarenakan alasan kesehatan Slim menjalani operasi jantung, dan mulai mundur dari pekerjaan bisnisnya, ia menyerahkan kendali kepada anak-anak dan anggota keluarganya.

Slim menikahi Soumaya Domit pada tahun 1967 dan pasangan itu memiliki enam anak bersama. Istrinya meninggal pada tahun 1999.

Slim menjalani operasi pada tahun 1999 yaitu operasi jantung. Slim secara teratur menyumbangkan kekayaannya yang besar ke dalam proyek filantropi, di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan dan seni. ‘Fundación Carlos Slim Helú’ didirikan pada tahun 1989, dan sumbangannya yang murah hati untuk museum, program kesehatan, upaya konservasi satwa liar dan banyak proyek lainnya sehingga ia masuk dalam daftar pemberi kerja terbesar kelima di dunia menurut majalah Forbes.

Salah satu quote terkenal dari Slim adalah “The biggest things in life are not materials. - Carlos Slim”. Hal ini telah dibuktikannya melalui kerendahan hatinya, ia sering menyumbangkan hartanya misal kedalam bidan pendidikan, kesehatan dan seni.

Sumber :


https://successstory.com/people/carlos-slim-hel-carlos-slim

Carlos Slim lahir Mexico City, Mexico pada tahun 1940 dari pasangan Kristen Maronite Julián Slim Haddad dan Linda Helú. Keduanya menikah pada bulan Agustus 1926 dan merupakan keturunan Lebanon. Ayahnya, yang lahir dengan nama Khalil Slim Haddad, pada masa mudanya melarikan diri ke Meksiko pada tahun 1902 untuk menghindari pemerintahan militer keras dari Kekaisaran Ottoman. Empat orang kakak laki-lakinya sebelumnya sudah menentap di Meksiko.

Ibunya, Linda Helú, lahir in Parral, Chihuahua, dari orang tua imigran asal Lebanon yang datang ke Meksiko pada akhir abad ke-19. Kedua orang tuanya adalah perintis majalah berbahasa Arab pertama untuk komunitas Lebanon-Meksiko dengan sebuah mesin cetak yang dibawa saat bermigrasi.

Pada tahun 1911, Julian mendirikan toko bahan pakaian La Estrella del Oriente. Kemudian tahun 1921, ia membeli sejumlah rumahan mewah di distrik komersial pusat kota Mexico City, yang menjadi penyumbang besar kekayaannya

dilaporkan sebesar $73 Milyar termasuk holding company yang dimilikinya. Carlos kaya dari hasrat orang berhubungan dan bicara dengan sesamanya. Dari telekomunikasilah, hingga saat ini Carlos telah mengumpulkan sedikitnya US$ 73 miliar atau Rp 693 triliun per Maret 2013 sebagai kekayaannya. Dialah juga yang mengendalikan tiga perusahaan telekomunikasi besar, yakni Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel dan America M¢vil. Ketangguhan Slim dalam berbisnis banyak dipengaruhi sang ayah, Yusef Salim Haddad.

Sang ayah inilah yang membangun toko barang kebutuhan, yang diberinya nama La Estrella del Oriente (Bintang Timur). Suatu hari, dia berspekulasi membeli beberapa real estat utama di pusat kota. Pilihan Yusef yang tepat itu segera mengubah kehidupan ekonomi keluarganya. Dia dikenal sebagai orang nomor satu yang mempengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko dan juga hampir di seluruh Amerika Latin. Dia memegang kendali atas perusahaan Teléfonos de México (Telmex), Telcel dan América Móvil. Slim juga melibatkan ketiga anaknya yaitu Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit dan Patrick Slim Domit sebagai pimpinan perusahaan. Ayah Slim, Julian Slim pindah ke Meksiko dari Libanon saat berumur 14 tahun. Julian menikah dan dikaruniai enam orang anak dan Carlos merupakan anak bungsu mereka.

Nama Slim diambil dari nama tengah Julian Slim, yaitu Julian Slim Haddad. Nama Haddad sendiri diambil dari nama tengah ibu Julian Slim sesuai dengan kebiasaan penamaan di Spanyol.

"Dia mengajarkan keberanian. Dia ajarkan, tak peduli seberapa jelek krisis yang terjadi, Meksiko tidak akan hilang. Bila saya mempercayai negara ini, investasi yang cermat akhirnya akan membayar,’’ ujar Carlos, memuji sang ayah.

Sayang, pada tahun 1952, Yusef meninggal. Carlos yang menyandang gelar insinyur teknik sipil dari National Autonomous University of Mexico pada 1961 itu sempat juga mengajar Aljabar dan Linear Programming. Selain itu, dia juga sempat mengajar di lembaga internasional, Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC). Carlos ternyata seberani sang ayah.
Pada tahun 1990 dia membeli Telmex dari pemerintah, dengan menggandeng Southwestern Bell Corp dan France Telecom. Saat itu kondisi Telmex sangat morat-marit. Tanpa gentar, Carlos mengubah perusahaan yang merugi itu menjadi pencetak uang. Sempat ia dikritik telah menaikan tarif telepon di negaranya. Namun, dengan tekad bulat untuk memperbaiki pelayanan telepon di Mexico, berupa tawaran sambungan lokal, interlokal, selular, internet dan direktori telepon, akhirnya kerja kerasnya berbuah manis.

Kerajaan telekomunikasinya mampu mencapai penjualan tahunan hingga 16 miliar dolar AS. Kini Telmex menjelma perusahaan telekomunikasi terbesar di Mexico. Tak hanya itu, baru-baru ini Telmex American tercatat sebagai salah satu perusahaan disegani di New York Stock Exchange. Kerajaan bisnis Carlos terus berkembang. Ia pula pemilik Prodigy Inc – perusahaan jasa internet ketiga di AS. Tak hanya itu, Carlos pun kini mengendalikan perusahaan keuangan Grupo Financiero Inbursa, dan industri retail, Grupo Carso.



Carlos Slim Helú merupakan tokoh bisnis terkemuka meksiko yang juga merupakan investor dan dikenal dengan kedermawanannya. Lahir pada 28 januari 1940. Lahir di Kota Meksiko, keturunan Lebanon ole Julián Slim Haddad dan Linda Helu. Setelah berimigrasi ke Meksiko dari Lebanon, ayah Slim mengubah nama aslinya dan mulai beroperasi di meksiko. Dia menghasilkan kekayaan dari pasar real estat Meksiko yang menguntungkan dan nama Carlos Slim mulai dikenal oleh dunia dibidang bisnis berkat bisnis ayahnya, di mana dia biasa mendapatkan 200 peso seminggu dengan bekerja untuk organisasi ayahnya. Pada waktu itu umur Carlos slim masih muda yaitu di umur 12 tahun, Carlos membeli saham di sebuah bank Meksiko. Kemudian di tahun 1953 ayahnya meninggal dunia. Carlos slim tetap meneruskan bisnisnya sampai usia 17 tahun. Dia berkuliah di National Otonom University of Mexico, untuk belajar teknik sipil. Dia juga mengajarkan pemrograman aljabar dan linear saat di sekolah dan terjun ke bisnis segera setelah lulus.

Bekerja dari bisnis besar yang ayahnya bangun, Carlos slim memutuskan untuk memulai karirnya mulai nol, dia mulai dari berdagang, di mexico. Dikemudian hari bisnisnya menjadi fokus untuk berinvestasi ke bisnis perorangan. 1965, Bisnisnya tumbuh cukup besar, sehingga dia menggabungkan perusahaan lain atau membelinya langsung. Pada tahun 1966, ia sudah menghasilkan sekitar US $ 40 juta dan terus berkembang. Fokus utamanya adalah konstruksi, pertambangan dan real estat, dan dia terus mengakuisisi bisnis di bidang itu. Selama tahun 1970an, dia terus mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan dan membeli perusahaan di berbagai industri. Pada tahun 1980, dia menyatukan berbagai kepentingannya ke perusahaan induk ‘Grupo Galas’, yang membawa semua kepemilikannya bersama-sama.

Pada tahun 1982, turunnya harga minyak menyebabkan sebagian besar ekonomi berbasis minyak Meksiko menderita dan runtuh, karena bank-bank menjadi dinasionalisasi dan nilai mata uang Peso Meksiko jatuh. Selama beberapa tahun ke depan penurunan ekonomi, Carlos Slim meningkatkan usaha akuisisi dan memperoleh saham besar di cabang perusahaan internasional Meksiko, termasuk 50% saham ‘The Hershey Company’. Pada tahun 1990, ‘Grupo Carso’ menjadi perusahaan publik di seluruh dunia. Ini juga merupakan tahun dimana dia mulai memperluas pengaruhnya ke komunikasi telepon, bekerja dengan ‘France Télécom’ dan ‘Southwestern Bell Corporation’, untuk membeli perusahaan telepon ‘Telmex’ dari pemerintah Meksiko. Dia kemudian mengembangkan bisninsnya menjadi cakrawala dengan membeli saham di beberapa perusahaan telekomunikasi seperti Techtel, ATL, dan lain-lain.

Tetapi ditengah perjuangannya ia diuji dengan banyak hal dalam hidupnya, penyakit salah satunya. Carlos Slim menjalani operasi jantung dan rumor menyebar bahwa dia tidak lagi bertanggung jawab atas perusahaan tersebut dan bahwa semua asetnya akan terjual habis. Namun, Carlos terlalu muda untuk membiarkan perusahaan dan mimpinya sia sia. Setelah melewati berbagai masa sulit dia kembali dan mendapatkan penguasaan perusahaannya dan membawanya ke posisi teratas.Carlos Slim helu diwawancarai oleh raja larry selama konferensi global milken institut global Carlos Slim Helu sekarang digolongkan sebagai orang terkaya di dunia dan juga terpilih sebagai presiden pertama Komite Administrasi Negara Bagian Komite Pertanahan New York Stock Exchange (dari tahun 1996 sampai 1998).

Quotes :

“The biggest things in life are not materials.”
“Competition makes you better, always, always makes you better, even if the competitor wins.”

Dari penggalan quote diatas sudah dijelaskan bahwa hal yang terbesar di dunia bukanlah material semata, karena hal yang terbesar didunia ini sebenarnya memori, apa itu memori indah maupun buruk yang terpenting itu dapat merubah diri kita menjadi lebih baik. Dan juga teruslah mengikuti kejuaraan apapun itu, dilain sisi untuk mengukur kemampuanmu dilain sisi juga kamu mendapat banyak pengalaman dari mengikutinya bahkan walau kamu tidak menjadi juara sekalipun.

Referensi :

https://www.biography.com/people/carlos-slim-helú-38390
https://successstory.com/people/carlos-slim-hel-carlos-slim

Carlos Slim Helú adalah seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Pada tahun 2011, Slim dinobatkan oleh Forbes menjadi orang terkaya di dunia untuk kedua kali secara berturut-turut dengan kekayaan bersih berkisar US$74 miliar.

Pada tahun 1911, ayahnya mendirikan toko bahan pakaian La Estrella del Oriente. Kemudian tahun 1921, ia membeli sejumlah rumahan mewah di distrik komersial pusat kota Mexico City, yang menjadi penyumbang besar kekayaannya.

Carlos belajar bisnis pada ayahnya ,bakat bisnis mulai muncul pada dirinya ketika dia membeli saham Mexican Bank pada umur 12 tahun. Ketika usianya 17 tahun dia telah mendapatkan 200 peso seminggu. Kuliah jurusan Teknik mesin sipil di National Autonomous University of Mexico. Carlos memulai karir menjadi sorang pedagang dan mendirikan perusahaan Broker. Perusahaan yang di kembangkan menjadi tempat investasi bisnis, dari jasa konstruksi, manufactur sampai membuka restoran.

Tahun 1965 membeli perusahaan Jarritos del sur, tahun berikutnya sudah mempunyai kekayaan US$ 40 juta. Konstruksi , Real Estate dan Pertambangan adalah bisni yang di fokuskan pada waktu itu.
Tahun 1976 Carlos membuka cabang dengan membeli 60 % saham pabrik percetakan. Tahun 1980 membentuk Grup Galas sebagai perusahan induk yang mencakup bisnis konstruksi , pertambanan ,ritel ,makanan , dan tembakau. Tahun 1982 Perekonomian meksiko mengandalkan ekspor minyak dan Carlos pun mulai membuka cabang perusahaan di sektor minyak.

Tahun 1988 menambahkan pabrik tembaga dan aluminium ke induk perusahaan nya. Tahun 1990 Grup Carlo yang penempatan saham nya terpusat di meksiko mulai merambah ke dunia Internasional. Dan pada tahun itu juga Carlos membeli perusahaan telekomunikasi Telmex dari Prancis untuk di kembangkan di meksiko, hingga pada akhirnya tahun 2006 90% jaringan telekomunikasi meksiko menggunakan Telmex.
Pada 29 maret 2007 Carlos melewati Warren Buffet sebagai orang terkaya nomor dua dengan total kekayaan US$ 53 milliar pada waktu itu. 8 agustus 2007 menjadi orang terkaya didunia menurut majalah forbes dengan mengalahkan Bill Gates. Pada tahun 2008 sampai tahun 2009 menjadi orang terkaya nomor 2 tepat di bawah Bill Gates.

Pada tahun 1952, ayahnya meninggal dunia. Carlos yang pada saat itu telah menyandang gelar insinyur teknik sipil setelah lulus dari National Autonomous University of Mexice pada tahun 1961. Ia juga pernah mengajar Aljabar dan Linear Programming. Ia juga sempat mengajar di Economic Commission for Latin America and The Caribbean (ECLAC).

Carlos menikah dengan Soumaya Domit pada tahun 1967. Dari perkawinannya tersebut ia mempunyai tiga orang anak, yang bernama Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit, dan Patrick Slim Domit. Ketiga anaknya tersebut ikut bertanggungjawab terhadap keberlangsungan perusahaan yang dipimpinnya.
Pada tahun 1990, pada saat itu perusahaan dalam bidang telekomunikasi, yaitu Teléfonos de México (Telmex) dalam kondisi kurang bagus, Carlos membelinya dari pemerintah dengan menggandeng Southwestern Bell Corpdan France Telecom. Ia memperbaiki pelayanan telepon yang ada di Mexico, dengan berupa tawaran sambungan lokal, direktori telepon, interlokal, selular, dan internet.

Berkat usaha dan pelayanan yang diperbaiki akhirnya Telmex menjadi sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Mexico, tidak hanya itu, Telmex tercatat sebagai salah satu perusahaan yang disegani.