Cara untuk memilih anakan anjing untuk diadopsi

Kita haru selektif untuk memilih anjing yang ingin diadopsi, karena hewan tersebut akan tinggal dengan kita di kedepannya

  1. Untuk apa Anda membeli / memelihara anjing? hobby, sekedar ingin, hadiah untuk anak anda, menjaga rumah? Dalam beberapa kasus banyak ditemukan “kegagalan” memelihara anjing, dimana orang tua ingin membelikan anjing (puppy) sebagai hadiah untuk sang anak. Ada yang terpaksa menjual kembali anjingnya, ada yang mengembalikan ke petshop / kennel tempat membeli (tentunya ada harga yang harus dikeluarkan), ada juga yang anjingnya tidak terurus.

  2. Pertimbangkan ukuran / size nya… ada anjing berukuran kecil, sedang dan besar… pikirkan tempat yang dapat anda sediakan, bila anda tinggal di apartment atau rumah yang tidak begitu luas, sungguh tidak bijaksana untuk memelihara St. Bernard atau Great Dane, mungkin tipe ras kecil seperti Chihuahua atau Pom akan tepat.

  3. Pertimbangkan Jenis bulu, pendek, sedang atau panjang? apakah Anda mempunyai cukup waktu untuk menyisir maltese / shitzu Anda? ingat! anjing jenis ini berbulu panjang, membutuhkan perawatan bulu yang ekstra, anda harus menyisir setiap hari atau rambut akan kusut. (note : Maltese / Shitzu ketika masih kecil / anakan bulunya masih pendek, tampangnya imut seperti “little angel“)

  4. Akan tinggal dimana anjing itu nanti? didalam rumah atau diluar rumah (halaman) ? beberapa ras, tidak cocok bila diletakan di luar ruangan. Anjing Shitzu / maltese tidak cocok diletakan diluar rumah, karena bulu mereka yang perlu mendapat perhatian ekstra.

  5. Pertimbangkan masalah keuangan / dana… untuk anjing berukuran besar seperti golden retriever saya, makannya sangat banyak. sehari saya beri makan 2 – 3 kali. harga 1 sak makanan anjing (sebagai contoh saya membeli pedigree / alpo ) yang 10 kg = Rp 250.000. 1 Ekor golden retriever dewasa bisa habis 2 sak (20 kg) makanan dalam sebulan. belum lagi kalau Anda ingin membeli makanan yang lebih premium ( contoh : Oven Baked atau Science Diet).Kemudian bila Anda ingin menambah, daging, hati dan makanan kaleng untuk mereka. Biaya vaksin & pemeriksaan dokter rutin (tahunan) sekitar 350 ribu, obat cacing khusus anjing Rp 20.000 / tablet untuk 10 kg berat badan anjing Anda, sebagai contoh golden betina saya memiliki berat 27 kg. harus makan 3 tablet setiap 3 bulan. Jangan lupa… siapkan dana ekstra jika dia sakit serta dana untuk grooming nya. seperti dijelaskan di no.3

  6. Siapa yang akan merawat anjing tersebut dirumah? apakah pembantu Anda mau merawat anjing tersebut? memberi makan, membersihkan kotorannya, mengajaknya bermain? Apakah anak Anda sudah dapat diberikan tanggung jawab untuk mengurusnya?

  7. Karakter / Sifat / Temperament anjing. Tiap jenis anjing punya karakter dasar, walaupun akan berbeda tiap individu anjing tersebut. Katakanlah Golden Retriever terkenal sebagai anjing yang baik, sabar, senang bermain. Tentu tidak tepat bagi Anda untuk memelihara Golden Retriever bila anda menginginkan anjing penjaga rumah. Atau sebaliknya akan tidak tepat bila Anda ingin seekor anjing untuk teman bermain dirumah dan bila Anda memiliki anak kecil anda memelihara doberman (nb: walaupun ada beberapa yang terlatih dengan baik) – Note : Golden Retriever saya sangat berbeda karakternya, Alea : manja dan manis, Alfonzo : bawel dan keinginannya harus dituruti.

  8. Waktu? Apakah anda memiliki cukup waktu untuk bermain dengan anjing Anda? untuk mengajaknya berjalan – jalan / berolah raga? – memutuskan untuk memelihara seekor anjing bukan hanya Anda cukup memberi makan, tetapi Apakah Anda memiliki cukup waktu untuk berinteraksi dengannya? seperti yang sudah Saya tulis diatas, bahwa anjing adalah makhluk yang punya perasaan.

  9. Kesabaran. Apakah Anda dan keluarga punya cukup kesabaran untuk mendengarnya menangis atau berteriak sepanjang malam selama seminggu pertama? Anak anjing biasa membutuhkan waktu untuk beradaptasi di tempat barunya. Apalagi bila ia sendiri… (pengalaman saya saat membeli seekor tekel, dia menangis hampir sepanjang malam selama beberapa hari, tetapi ketika saya membeli 2 ekor Chihuahua , mereka sangat tenang, mungkin karena mereka ber2 jadi tidak merasa kesepian). Apakah Anda punya kesabaran saat anak anjing anda buang air besar atau kecil sembarangan? butuh waktu untuk mengajari mereka buang air di tempat yang anda kehendaki. Apakah Anda punya cukup kesabaran bila Anda menemukan sepatu kesayangan Anda menjadi rusak digigit olehnya?

  10. Akan membeli dimana? Petshop? perorangan? Kennel? bila membeli di petshop, carilah petshop ternama yang mau memberikan garansi bahwa anak anjing yang Anda beli sehat, surat sudah diurus, sudah di vaksin. begitu juga bila membeli kepada perorangan… apakah Anda cukup mengenal orangnya? pengalaman pribadi : Saya membeli Tekel (Dacshund disebuah petshop, ia tampak sehat, tetapi baru seminggu dia menderita diare, ternayata terkena distemper, kata dokter mungkin sudah terinfeksi saat berada di petshop. Saya juga dijanjikan suratnya selesai dalam waktu 3 bulan, tapi ternyata janji hanyalah janji…). Carilah Kennel yang berpengalaman, biasanya pemilik kennel yang berpengalaman dan baik akan bertanya mengenai kebutuhan Anda, akan menjelaskan mengenai jenis anjing yang akan Anda beli. bahkan beberapa Kennel memberi garansi bahwa Anjing yang mereka jual dalam keadaan sehat dan akan mengganti bila dalam waktu yang disepakati anjing tersebut ternyata sakit atau meninggal.