Cara Traveling ke Singapura Melalui Batam

Meskipun sudah ada banyak tiket murah ke Singapura namun rasanya belum lengkap jika tidak mengetahui cara traveling ke Singapura melalui Batam. Bagi traveler yang berada di Sumatera mungkin bisa menjadi opsi terbaik traveling ke Singapura melalui Batam. Apakah traveller di siini ada yang tau caranya? Yuk diskusikan!

  1. Persiapan

Sudah pasti persiapan yang wajib kamu lakukan dari jauh-jauh hari adalah Paspor. Bikin paspor sekarang lebih mudah kok. Cuma cari kuotanya aja yang agak susah hehehe.

Nah, buat yang belum punya paspor bisa cek panduan mengurus paspor 2018 dulu ya. Syaratnya mudah dan cukup siapkan uang untuk pengganti biaya paspor. Jika ingin murah, kamu bisa menggunakan paspor 24 halaman saja kok. Apalagi jika frekuensi kamu ke luar negeri tidak terlalu sering.

  1. Tiket Ferry dari Batam ke Singapura

Untuk bisa melanjutkan perjalanan dari Batam ke Singapura, kamu perlu menggunakan transportasi laut. Tiket kapal Ferry bisa dipesan secara online ataupun go show saat tiba di Pelabuhan.

Nah, kamu bisa memilih tiket round trip atau one way. Jika ingin pulang langsung ke Jakarta cukup pesan tiket one way saja. Dari Batam Center tujuan ke Singapura adalah HarbourFront Singapura.

Harga tiket Ferry kelas ekonomi dengan menggunakan Batam Fast dari Batam ke Singapura sekitar SIN $11 untuk dewasa dan SIN$11.50 untuk anak-anak. Entah kenapa lebih mahal untuk anak-anak ya? Tapi, untuk pulangnya tiket anak-anak hanya dikenai biaya SIN $5 saja sedangkan dewasa SIN $9 untuk keberangkatan pada saat weekday.

  1. Tips Melewati Imigrasi di Singapura

Perjalanan dengan menggunakan kapal Ferry dari Batam ke Singapura kurang lebih selama 60 menit saja. Nah, jika kamu belum terbiasa menggunakan kapal ferry untuk menyeberang sebaiknya sediakan obat anti mabuk.

Ketika tiba di HarbourFront Singapura, siapkan paspor dan tiket kamu. Utamanya jika kamu sudah punya tiket pesawat pulang, sertakan juga. Jika kamu punya bukti reservasi hotel di Singapura juga bisa kamu sertakan sebagai salah satu bukti bahwa kamu memang bertujuan untuk liburan saja di Singapura.

Usahakan untuk tidak terlalu menggunakan aksesoris yang mencolok saat masuk ke Singapura. Biasa-biasa saja dan ikuti semua aturan saat melewati proses pemeriksaan imigrasi termasuk berusaha untuk sementara waktu tidak menggunakan ponsel beberapa saat.

Jika kamu ternyata malah terkena random checking, pasrah saja dan ikuti petugas serta jawab dengan jujur semua pertanyaan petugas. Beberapa petugas imigrasi di Singapura juga ada yang bisa berbahasa Melayu. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika kurang lancar berbahasa Inggris sekalipun.

  1. Pahami Larangan di Singapura

Singapura adalah negara yang ketat dengan peraturan. Jadi, ada baiknya kamu memahami beberapa larangan di Singapura untuk menghindari denda. Misalnya seperti membuang sampah sembarangan sampai dengan membuang jauh-jauh kebiasaan meludah sembarangan.

  1. Wisata Instagenik di Singapura

Ketika sampai di HarbourFront kamu bisa langsung menikmati wisata di Singapura. Nah, jangan buru-buru naik MRT, LRT atau bus terlebih dahulu. Pasalnya pelabuhannya sudah tersambung dengan Vivo City Mall. Ada banyak spot Instagrammable lho di dalamnya. Kamu juga bisa sekaligus isi perut dulu jika kebetulan belum makan saat di Batam Center.