Cara Terbaik Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga?

Pernahkah Anda merasakan nyeri otot selepas berolahraga? Bagi banyak orang, tanda olahraga yang baik adalah nyeri otot. Sayangnya, hal ini sering mengganggu aktivitas keseharian. Selain itu, sakit nyeri otot juga membuat banyak orang ragu untuk berolahraga kembali. Mulai apakah nyeri otot buruk bagi seseorang, bagaimana mengobatinya, hingga kapan nyeri otot perlu diperiksakan.

Rasa sakit nyeri otot juga biasa terjadi jika seseorang memasuk dalam olahraga baru atau penambahan berat latihan dalam rutinitas yang sudah ada. Itu tidak berarti mereka harus menghentikan olahraga atau (nyeri otot) bukan tanda cedera. Meski terasa sakit dan tidak nyaman, pada umumnya nyeri otot selepas olahraga bukanlah hal berbahaya. Tapi, perlu diketahui juga jenis nyeri otot yang terbilang tidak normal.

Nyeri otot normal biasanya simetris. Jadi, jika Anda mengalami rasa sakit yang lebih pada salah satu sisi, mungkin itu pertanda otot yang tertarik atau cedera lainnya. Selain itu, nyeri otot normal biasanya akan berkembang 24-36 jam setelah olahraga dan akan menghilang dalam waktu sekitar tiga hari. Jika nyeri otot terasa lebih lama dari itu mungkin merupakan tanda sesuatu yang lebih serius.

Hal yang harus diwaspadai saat terjadinya nyeri otot adalah perubahan warna urine. Perubahan warna ini mungkin menunjukkan kondisi olahraga yang berlebihan dan berpotensi serius yang disebut rhabdomyolysis (kerusakan otot). Dan segaralah memeriksakan diri ke dokter jika hal tersebut terjadi.

Sebenarnya, olahraga lebih berat pun bisa dilakukan. Hanya saja, mungkin banyak orang merasa tidak nyaman dan perlu istirahat lebih lama.

Aktivitas ringan adalah cara terbaik untuk mengobati nyeri otot. disarankan tetap melakukan olahraga ringan.Bagi Anda yang ingin tetap bisa berolahraga dengan intensitas yang lebih berat, ada baiknya jika memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Makan dengan sumber karbohidrat dan protein yang sehat juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memulihkan tenaga dan mencegah nyeri otot datang kembali pada Anda. Anda juga bisa melakukan olahraga campuran di pusat kebugaran.

Sumber: