Cara Sperma Fokus ke Sel Telur

Ujung cambuk itu diketahui setelah para peneliti mengamati sperma menggunakan mikroskop elektron yang dipadukan dengan metode CT Scan. Berbeda dengan penelitian terdahulu yang menggunakan pendekatan kajian organisme mikroskopis.

Lewat publikasi riset terbaru, peneliti dari Universitas Gotenburg di Swedia dan Universitas Colorado mengungkapkan adanya bagian tersembunyi pada sperma.

Bagian tersembunyi itu berbentuk spiral, menyerupai ujung cambuk. Diberitakan Science Alert, Senin 926/2/2018), peneliti meyakini bahwa struktur ini menentukan lambat cepatnya sperma bergerak menemukan sel telur.

Ujung cambuk itu diketahui setelah para peneliti mengamati sperma menggunakan mikroskop elektron yang dipadukan dengan metode CT Scan. Berbeda dengan penelitian terdahulu yang menggunakan pendekatan kajian organisme mikroskopis.

Metode baru yang disebut cryogenic electron tomography itu memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan detil. Selain bisa melihat dalam skala nanometer, metode tersebut juga menghasilkan citra tiga dimensi.

“Sel sperma memadat dalam es - tanpa bantuan bahan kimia, bagian dalam bisa terlihat - bahkan protein tunggal dalam sel itu bisa terlihat," kata ahli biologi molekuler dari Gotenburg, Johanna Goog.

Selama ini, telah diketahui bahwa ekor sperma terdiri atas batang-batang mikroskopis yang disebut mikrotubulus. Pada bagian tengah ekor, terdapat mitokondria yang berfungsi untuk menghasilkan energi guna gerak sperma.

Untuk bergerak, sperma melibatkan mitokondria serta protein-protein yang berfungsi membantu gerakan. “Pergerakan ribuan motorprotein harus saling bersesuaian supaya sel sperma bisa berenang,” ujar Hoog.

Ujung ekor sperma oleh peneliti dinamai Tail Anxome Intra-Lumenal Spiral atau TAILS.

“Kami yakin, spiral ini adalah penahan mikrotubula. Struktur berulir ini akan mengontrol mikrotubula tidak mengembang dan menyusut sendiri. Dengan demikian, energi pada sperma lebih tercurahkan dan fokus untuk berenang menuju sel telur,” jelas Davide Zoo, ketua peneliti.

Para peneliti menduga bahwa yang menjadi pengendali arah saat sperma berenang adalah struktur unik spiral itu. Selain itu, struktur tersebut membantu sperma berenang lebih kencang.

Pekerjaan lain yang menunggu peneliti adalah menyingkap fungsi sebenarnya struktur ulir pada ekor sperma. Bila pertanyaan ini terjawab, para ahli bisa memecahkan masalah kesuburan pria.

sumber : Punya Spiral di Ujung "Cambuknya", Cara Sperma Fokus ke Sel Telur