Cara merias mata menggunakan eyeshadow sesuai bentuk mata

Dengan cara merias mata akan membuat mata tampak lebih cantik dan indah. Merias mata bisa dilakukan dengan bantuan beberapa alat make up seperti eye shadow. Pengguaan eyeshadow bisa digunakan dengan hanya satu warba atau lebih. Bagaimanakah caranya sehingga mata menjadi indah dan cantik?

Ketika merias mata, sebagai wanita biasanya cenderung menyamakan riasan tanpa memerhatikan bentuk mata. Padahal, jika Anda membentuk riasan sesuai dengan bentuk mata, hal ini bisa membuat mata tampak lebih segar dan berbinar. Berikut beberapa tips merias mata sesuai dengan bentuk mata Anda.

image
Sumber: https://www.buzzfeed.com/

Bentuk Mata Berkantung atau Hooded Eyes

Hooded eyes merupakan bentuk mata yang tampak seperti mengantuk atau terkesan lebih galak. Riasan yang tepat untuk bentuk mata ini yaitu riasan yang memberi kesan mata lebih terbuka dan terangkat. Penting untuk mengoleskan eye primer terlebih dulu sebelum merias mata. Baurkan eyeshadow berwarna lebih muda di bagian kelopak mata kemudian pulaskan eyeshadow dengan warna yang lebih gelap di bagian lipatan mata sampai mendekati tulang alis dan hindari menggunakan eyeshadow dengan shimmering.

Gunakan eyeliner hitam untuk membentuk cat eye atau wing. Tambahkan eyeliner berwarna putih di bagian garis bulu mata bawah agar mata Anda terlihat lebih terbuka. Untuk tampilan sehari-hari, Anda bisa membentuk eyeliner mengikuti garis mata.

Bentuk Mata Turun atau Downturned Eyes

Ciri bentuk mata turun atau downturned yaitu sisi sudut luar mata terletak di bawah sudut dalam mata atau mata tampak seperti menurun. Bentuk mata turun juga memberi kesan sedih dan mata sayu dengan begitu, dalam memulaskan riasan mata tentu tidak bisa sembarangan.

Aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lebih terang ke seluruh area kelopak mata. Setelah itu, sapukan eyeshadow yang lebih gelap dari bagian tengah kelopak mata hingga ujung luar mata. Kemudian baurkan sedikit agar terkesan lebih natural. Untuk acara di malam hari, Anda juga bisa menggunakan shimmering eyeshadow. Untuk bentuk mata downturned, eyeliner cat eye juga menjadi pilihan yang tepat. Namun, gunakan eyeliner hanya dari bagian tengah sampai ujung mata saja.

Bentuk Mata Bulat atau Round Eyes

Jenis mata satu ini seperti namanya, berbentuk bulat dengan panjang dan lebar mata yang hampir sama. Riasan yang tepat yaitu:

Mata bulat atau round eyes merupakan bentuk mata yang cantik. Gunakan eyeshadow warna terang di sudut dalam mata dan tepat di bawah tulang alis. Kemudian baurkan eyeshadow yang lebih gelap di sepanjang kelopak mata. Setelah itu, gunakan warna yang lebih gelap lagi lalu pulaskan dari luar mata ke bagian tengah mata untuk menciptakan efek bayangan agar kelopak mata lebih menonjol.

Eyeliner bentuk wing dapat Anda aplikasikan pada mata yang bulat. Namun, hindari menggores garis terlalu tebal di bagian tengah. Anda juga bisa menggunakan eyeliner warna terang untuk tampilan yang lebih berani. Tapi, jangan lupa sesuaikan dengan busana yang digunakan.

Bentuk Mata Menyudut atau Upturned Eyes

Bentuk mata yang satu ini merupakan kebalikan dari bentuk mata turun atau downturned. Dengan bagian ujung luar yang lebih tinggi dari bagian dalamnya. Baurkan eyeshadow dengan warna yang cukup gelap di seluruh kelopak mata lalu tambahkan warna yang lebih gelap dari ujung luar mata ke bagian tengah mata. Pulaskan eyeshadow warna gelap di bagian bawah ujung luar mata untuk memberi kesan mata terlihat proporsional.

Aplikasikan eyeliner di bagian bawah ujung luar mata secara tipis. Untuk penampilan yang lebih glamor Anda juga bisa menambahkan shimmer gelap di bagian ujung mata atau agar simetris Anda bisa menambahkan eyeliner dari bagian bawah tengah mata.

Bentuk Mata Sipit atau Monolid

Mata sipit merupakan mata dengan kelopak mata tunggal. Aplikasikan eyeshadow ke seluruh kelopak mata dan juga bagian bawah mata lalu baurkan agar terlihat lebih menyatu dan merata. Setelah itu, tambahkan eyeshadow yang lebih gelap dari sudut luar mata ke sudut dalam. Anda bisa mengaplikasikan makeup mata bergliter untuk garis mata bagian bawah.

Agar mata tampak lebar, gunakan eyeliner dengan bentuk yang tipis di dalam dan menebal di bagian ujung luar mata. Jika ingin makeup yang lebih natural, Anda bisa membentuk garis tipis mengikuti garis mata dan bentuk garis menurun di bagian ujung luar. Sebagai pilihan lainnya, Anda bisa memberikan eyeliner pada bagian bawah mata secara tipis.

Almond Eyes

Bentuk mata ini adalah jenis bentuk mata yang paling banyak dimiliki oleh orang. Almond eyes hampir mirip dengan jenis mata upturned eyes. Ketika Anda memiliki jenis mata almond, ukuran hidung dan bentuk wajahmu juga memengaruhi bagaimana penampilan mata.

Eyeshadow dengan warna terang dapat membantu memberikan ilusi untuk mata dengan membuatnya menjadi lebih cerah. Warna-warna mid tone dapat membantu menajamkan bentuk mata Anda. Untuk penampilan sehari-hari, Anda bisa memberikan warna-warna cerah ke kelopak mata, jika Anda ingin membuat mata tampak jelas baurkan warna medium ke bagian luar kelopak mata kemudian gunakan warna yang lebih gelap baurkan ke atas dan bawah bagian mata.

Anda bisa menggunakan eyeliner untuk menekankan bentuk mata. Aplikasikan eyeliner pada pada bagian tengah atas bulu mata ke arah luar. Pastikan menyapukannya semakin tebal ke arah luar ujung mata. Jika Anda ingin bentuk mata tampak lebih bulat, jangan gunakan eyeliner pada bagian ujung mata. Stop ketika telah mencapai ujung mata. Jika ingin mata tampak lebih besar, gunakan hanya pada bagian atas mata.

Sumber

https://kawaiibeautyjapan.com/article/3916/cara-merias-mata-berdasarkan-bentuk-matamu-tanpa-ribet