Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat

Merawat rambut berwarna memang tak selalu mudah. Bahkan terkadang, membutuhkan beberapa kali kunjungan ke salon untuk gonta-ganti warna rambut sampai menemukan warna yang tepat

Cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat dan terawat

  1. Lakukan perawatan rambut secara rutin
    Pastikan Anda meluangkan waktu ke salon setiap 6 minggu sekali untuk melakukan retouch akar rambut agar rambut Anda tetap sehat sekaligus agar warnanya tetap konsisten. Ini juga bisa merawat warna rambut agar tetap bersinar alami.

  2. Gunakan tabir surya (heat protection)
    Bukan hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari sinar matahari. Bila Anda ingin warna rambut awet dan tetap bersinar, lindungi dengan krim pelindung khusus rambut. Produk tabir surya yang berbahan dasar air lebih baik untuk digunakan pada rambut yang diwarnai daripada produk yang mengandung minyak.

  3. Gunakan kondisioner
    Tekstur rambut yang diwarnai cenderung lebih kering daripada rambut alami, jadi pastikan Anda menggunakan rangkaian produk perawatan yang ditargetkan untuk melembapkan rambut, setidaknya sekali dalam seminggu. Usapkan kondisioner pada rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian bungkus dengan handuk selama kurang lebih 30 menit agar dapat lebih terserap. Selanjutnya bilas bersih rambut, maka kondisi rambut pun akan terlihat lebih bersinar.

  4. Gunakan produk pelembap rambut
    Selain dirawat dari dalam, tentu saja rambut perlu dirawat dari luar. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan produk pelembap rambut agar dapat membantu meratakan warna yang baru dicat pada rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

  5. Jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut
    Setiap kali Anda mengubah warna rambut, semakin banyak pula bahan kimia yang masuk agar dapat menciptakan efek warna yang diharapkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat kondisi kesehatan rambut menjadi semakin tidak sehat akibat paparan bahan kimia secara terus menerus. Sebaiknya cat rambut secara berkala agar warna tetap menyala dan konsisten.

Sumber: