Cara Merawat Hair Clip Agar Tidak Kusut dan Lebih Awet

Rambut merupakan mahkota setiap orang. Makanya, banyak orang yang sering bergonta-ganti model dan warna rambut mereka agar tampak lebih menarik. Tapi, karena beberapa alasan seperti tidak ada waktu ke salon, gampang bosan dengan satu gaya, dan biaya yang cukup mahal untuk selalu update dengan gaya rambut terbaru, hair clip menjadi alternatif yang paling oke.

1. Perhatikan Petunjuk Penggunaan

Pada list cara merawat hair clip ini, yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah petunjuk penggunaan. Jika Anda membeli hair clip di tempat atau toko yang terpercaya, biasanya hair clip akan datang bersamaan dengan petunjuk penggunaan.

Di sana akan ditulis cara penggunaan dan perawatan. Karena, setiap hair clip memiliki pengaturan berbeda. Ada hair clip yang bisa dicuci, dan ada yang tidak. Ada hair clip yang bisa dicatok, dan ada yang tidak. Jika Anda mengetahui cara yang paling tepat untuk merawat hair clip berdasarkan petunjuk pemakaian, tentunya hair clip Anda akan jadi lebih awet dan cantik lebih lama.

2. Diangin-anginkan

Untuk perawatan sehari-hari, jangan simpan hair clip Anda di kotak atau plastik terus menerus. Sesekali Anda harus mengeluarkan hair clip dan diangin-anginkan. Pegang hair clip pada bagian hair net-nya, lalu goyang perlahan agar setiap helai hair clip terkena aingin. Anda bisa juga menyimpan hair clip di hanger khusus hair clip. Sambil dianginkan, sisir hair clip menggunakan jari agar tetap rapi.

3. Sisir

Pertama-tama, Anda harus tahu jenis sisir yang bisa dipakai untuk hair clip. Karena, tidak semua jenis sisir kompatibel untuk rambut tambahan. Anda bisa menggunakan sisir sikat, sisir bundar, dan sisir khusus wig dan hair clip (terbuat dari kawat yang dibundarkan, tidak tajam).

4. Rendam

Catatan: cara ini bisa dilakukan hanya jika hair clip Anda kompatibel untuk dicuci, ya. Sebelum dicuci atau dikeramas, hair clip perlu direndam terlebih dahulu. Anda bisa merendamnya di baskom, ember, atau wastafel dengan air dingin atau air hangat. Waktu perendamannya tidak boleh lama, paling hanya sekitar 10 menit saja.

3. Keramas

Proses perendaman tadi bertujuan untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel di permukaan terluar rambut tambahan. Nah, sekarang merupakan langkah untuk pembersihan total. Pertama-tama, ganti atau buang air yang tadi dipakai merendam. Lalu, tuangkan shampo favorit Anda pada tangan, lalu gosok shampo yang ada di tangan Anda hingga berbusa.

Setelah itu baru balurkan busa shampo ke seluruh permukaan hair clip. Hal ini dilakukan karena jika Anda langsung menuangkan shampo ke hair clip, maka busa yang dihasilkan tidak akan maksimal. Langkah selanjutnya adalah dengan menggoyang-goyangkan dan menyisir hair clip menggunakan jari. Jangan meremas hair clip karena hal itu dapat merusak tekstur rambut, terutama jika hair clip Anda merupakan hair clip fiber.

4. Beri Pelembut

Setelah dicuci, jangan lupa untuk memberikan conditioner pada rambut palsu Anda. Ya, seperti rambut asli, hair clip juga membutuhkan perawatan dan pelembut ekstra yang bisa didapatkan dari conditioner. Ada juga orang yang merendam hair clip dengan larutan pewangi dan pelembut pakaian selama 5 menit. Terserah pada Anda lebih suka cara yang mana, menggunakan kondisioner atau pelembut pakaian.

5. Keringkan

Setelah hair clip selesai dibilas, peras rambut dengan cara menekan-nekannya dengan lembut, bukan meremasnya. Lalu, bentangkan hair clip di atas handuk kering. Lalu, jangan sekali-sekali Anda menggosok hair clip. Hal itu akan membuat rambut kusut dan patah. Anda cukup menepuk-nepuk hair clip dengan sisi handuk yang lain.

Jika Anda sedang dalam kondisi urgent, boleh lah sesekali untuk mem-blow dry rambut Anda menggunakan hair dryer. Tapi, usahakan untuk menghindari cara ini, ya, karena hair extension kurang baik jika terlalu sering dipanaskan. Apalagi jika hair clip Anda dibuat dari rambut sintetis.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan rambut ekstensi ini saat weekend, usahakan Anda sudah mencucinya saat weekdays agar hair clip dapat kering dengan alami.

6. Beri Serum

Setelah hair clip setengah kering, beri serum rambut pada rambut ekstensi Anda. Serum rambut yang seperti apa? Bebas, gunakan saja serum rambut favorit Anda. Cara mengaplikasikan serum adalah dengan meratakan serum pada telapak tangan, lalu balurkan pada seluruh permukaan hair clip, dari pangkal hingga ujung. Lalu, sisir jari hair clip tersebut hingga rapi. Atau, Anda bisa juga menggunakan sisir dengan gigi jarang.

7. Tata

Setelah rambut kering, cara merawat hair clip yang selanjutnya adalah dengan menatanya kembali. Tata dan bentuk hair clip Anda sebagaimana model awalnya. Jika lurus, sisir rambut ekstensi agar tetap lurus. Jika ikal, bentuk rambut menjadi ikal dengan memutar helaian rambut menggunakan jari.

8. Simpan Di Tempatnya

Cara menyimpan hair clip yang paling benar dan aman adalah dengan menggunakan tempat khusus. Hal ini untuk menghindarkan hair clip yang tertindih atau tersangkut dari benda lainnya. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, ada beberapa macam tempat penyimpanan hair clip. Tapi, Anda bisa juga sedikit hacks seperti dengan memanfaatkan gantungan baju di rumah.

9. Sebelum Styling

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan proses styling pada hair clip adalah: selalu gunakan serum atau vitamin rambut. Kenapa? Agar hair clip Anda menjadi lebih kuat sebelum terkena panas dari hair dryer, catokan, atau curling iron.

10. Tips

Untuk cara merawat hair clip yang terakhir ada sedikit tips dari Bacaterus. Jangan terlalu sering mencuci hair clip Anda. Pencucian hair clip yang wajar bisa dilakukan setelah pemakain 3-5 kali. Atau, jika Anda merasa hair clip Anda sudah benar-benar kotor dan terlihat debu menempel di rambut palsu Anda.

Sumber : https://bacaterus.com/cara-merawat-hair-clip/