Cara merawat gigi palsu

Gimana sih caranya merawat gigi palsu tuh ?
gambar

Okeh dalam merawat gigi sebenarnya susah - susah mudah akan tetapi diperlukan kerajinan saja dalam merawat gigi palsu. berikut beberapa cara dalam merawat gigi palsu

  1. Merendam Gigi Palsu
    Selesai di pakai rendamlah gigi palsu dengan air hangat atau cairan pembersih khusus yang dilarutkan dalam air untuk mematikan kuman dan bakteri yang menempel di gigi palsu. Gigi palsu yang kering dapat menjadi media perkembang biakan bakteri yang menempel pada gigi palsu tersebut.
    Biasanya gigi palsu direndam di malam hari ketika hendak tidur. Kegunaan lainnya untuk menjaga kelembaban gigi palsu karena bahan pembentuknya, gigi palsu cepat panas. Akibat panas gigi palsu juga dapat mengkerut
  2. Menggunakan Pasta Gigi
    Jadi gunakan pasta gigi khusus gigi palsu. Untuk gigi palsu permanen dibersihkan di dalam mulut. Jadi sikatlah seperti menyikat gigi biasa. Gunakan yang disarankan oleh dokter gigi. Penggunaan pasta gigi palsu yang tidak sesuai akan merusak gigi palsu.
  3. Produk Pembersih Spesial
    Jika telah terlanjur kena noda gunakan produk pembersih gigi palsu. Produk ini ada dalam bentuk krim, gel, atau formula cair. Dapat digunakan untuk gigi palsu penuh atau parsial. Untuk ini diperlukan rekomendasi dokte bahwa produk tersebut aman dan efektif.
    4.Cek Gigi
    ehabis menggunakan gigi palsu cek kembali kesehatan dan keadaan gusi. Jika gusi kelihatan bengkak, merah, sariawan, hentikan pemakaian hingga gusi kembali normal. Memakai gigi palsu ketika gusi bermasalah akan memperparah keadaan. Jika masalah tidak bisa dikendalikan kunjungi dokter untuk konsultasi.
  4. Alat Pembersih Gigi Palsu
    Sehabis makan jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi palsu. Gigi palsu terbuat dari bahan berpori-pori yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Gunakan pembersih khusus gigi palsu yang dianjurkan dokter, jangan gunakan merek yang sembarang karena akan merusak gigi palsu.
  5. Wadah Gigi Palsu
    Gunakan wadah bersih dan higienis untuk meletakkan gigi palsu sesudah dilepas dari gusi. Biasanya digunakan handuk atau kain yang bersih. Sebelumnya beri lapisan spesial untuk melindungi gigi dari bakteri dan kuman. Wadah yang bersih dipakai untuk menjaga gigi tidak terkontaminasi dan tidak jatuh ke lantai. Gigi palsu yang jatuh ke lantai dapat menyebabkan kerusakan pada gigi palsu.
  6. Air Lemon
    Lemon mengandung asam sitrat yang gunanya sebagai pemutih alami. Air lemon juga dapat memutihkan gigi palsu tanpa merusaknya dan juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi palsu. Caranya ambil satu buah lemon, keluarkan sarinya dan gosokkan sari lemon ini langsung pada gigi palsu. Atau dapat juga buah lemon dipotong-potong dan langsung saja di gosokkan ke gigi palsu. Kemudian bersihkan dengan air bersih sampai benar-benar bersih untuk menghilangkan sisa sitrun yang masih menempel pada gigi palsu.
  7. Melepas Gigi
    Istirahatkan Selama 6 Jam dengan membebaskan mulut dari gigi palsu selama beberapa jam baik untuk gigi palsu itu sendiri dan juga untuk mulut dan gusi. Juga membiarkan rongga mulut jadi lega dan bisa bernafas. Hal ini juga untuk mengurangi kuman yang berkembang biak pada gigi lepasan.
  8. Sikat Gigi
    Gunakan sikat gigi yang bulunya halus, sikat gigi yang kasar akan menggores permukaan gigi palsu dan meninggalkan bekas baret. Gigi palsu bahan dasarnya jauh lebih lembut dan lunak dari gigi asli. ikat gigi yang lembut menjaga permukaan gigi palsu tetap mengkilap. Sikat gigi yang lembut juga dapat menyentuh seluruh sela gigi dan menjaga kekuatan gigi
  9. Mengunjungi Dokter Gigi
    Kunjungan ke dokter gigi perlu untuk menghindari efek dari gigi palsu.Biasanya jika ditemukan gusi bengkak atau merah dokter akan menyarankan penghentian sementara pemakaian gigi palsu. Dokter akan melakukan perawatan sampai gusi kembali normal dan gigi palsu dapat dipakai kembali.

Semoga bermanfaat :slight_smile:

Sumber : https://halogigi.com/cara-merawat-gigi-palsu