Cara merawat action figure?

image
selamat siang agan-agan…mau bertanya nih. gimana cara perawatan action figure kita yang benar agar lebih tahan lama?

cara merawat action figureCara merawat action figure itu rumit dan bikin kepala ‘mumet’? Merawat action figure bisa susah tapi bisa juga mudah, asalkan kamu tahu cara yang tepat untuk merawatnya. Apalagi jika kamu seorang kolektor action figure, tips-tips merawat mainan ini wajib kamu ketahui agar kondisi action figure-mu tetap baik dan terawat.

Pasalnya saat ini, action figure tak hanya dijadikan sebagai pajangan dan koleksi saja. Mainan yang juga diburu kalangan orang dewasa ini juga bisa dijadikan sebagai peluang investasi. Meskipun budget awal yang diperlukan cukup menguras kantong, prelovers bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari harga belinya, terlebih bila action figure yang kamu jual termasuk limited edition.

Agar harga jual action figure kamu melambung tinggi, tentunya kondisi yang baik dan terawat menjadi salah satu faktor pentingnya. Untuk itu, sebagai kolektor, kamu juga harus paham bagaimana cara merawat action figure yang tepat.

Bersihkan koleksi action figure-mu secara rutin

Menempatkan action figure di ruangan terbuka memang rentan terkena debu. Begitu juga menempatkan action figure di ruangan khusus, debu tetap saja tidak akan bisa terhindarkan. Debu yang tidak dibersihkan sesegera mungkin, lama kelamaan akan terus menumpuk hingga menutupi permukaan action figure kamu.

Ada baiknya kamu segera membersihkannya agar koleksimu tetap terawat dan enak dipandang. Kamu bisa menggunakan kain lembut yang sudah diberi sedikit air untuk membersihkannya, lalu bersihkan lagi dengan lap kering. Bila debu atau kotoran tak kunjung hilang, kamu bisa membersihkannya dengan alkohol. Tenang saja, alkohol tidak akan merusak action figure yang berbahan plastik atau metal.

merawat action figure

gambar: pinterest.com

Hindari meletakkan action figure di tempat yang terkena cahaya matahari langsung

Mungkin di antara kamu sudah ada yang mengetahuinya, cahaya matahari secara langsung bisa membuat warna action figure kamu menjadi cepat pudar. Sebaiknya, letakkan koleksimu di tempat yang teduh dan terhindar dari cahaya matahari langsung.

Pasalnya, tak hanya membuat action figure-mu tampak kusam, sorotan sinar matahari langsung juga membuat cat mainan kamu jadi mengelupas secara perlahan. Hal ini tentu saja bisa menurunkan harga dari action figure kamu. Sayang bukan?

Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan bahan berbahaya

Karena action figure bukanlah sekadar mainan, maka kamu pun harus ekstra ketat merawatnya. Jangan letakkan action figure kamu di tempat sembarangan, apalagi bisa dijangkau anak-anak. Bisa saja jika kamu sembarangan menempatkannya, anak-anak akan mengambil dan sengaja memainkan koleksimu dengan tidak hati-hati bahkan bisa merusaknya.

Cara merawat action figure lainnya adalah tempatkan action figure kamu jauh dari bahan berbahaya seperti bensin atau minyak. Bahan tersebut bisa membuat warna cat asli action figure kamu jadi memudar dan mengelupas. Letakkan action figure kamu di tempat tinggi atau lemari khusus agar terhindar dari bahan berbahaya dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Jangan terlalu sering menggerakkan atau membongkar pasang koleksimu

Saking cintanya sama action figure, hal ini bikin kamu nggak betah bila sehari saja tidak menggerakkan atau membongkar pasang bagian-bagian tubuhnya. Boleh saja bila sesekali kamu menggerakkan atau membongkar pasang koleksimu, namun jangan terlalu sering melakukannya ya, prelovers. Sebab bisa membuat bagian-bagian tubuh action figure kamu jadi longgar dan sulit untuk memasangnya kembali.

Kelembaban yang pas menjaga koleksimu terhindar dari jamur

Selain sinar matahari, tempat yang lembab juga bisa merusak dan memicu tumbuhnya jamur pada action figure kamu. Cara merawat action figure yang tepat adalah kurangi kelembaban dengan meletakkan silica gel pada tempat penyimpanan atau daerah sekitar lokasi penyimpanan action figure kamu. Suhu ruangan menjadi temperatur yang baik untuk menjaga action figure-mu tetap awet. Bila action figure kamu berbahan PVC, sesekali boleh kamu letakkan ke dalam freezer sekitar 20 menit setelah beberapa bulan.

Itulah cara merawat action figure yang tepat untuk menjaga koleksimu agar tetap bersih dan awet. Amankan kumpulan koleksi kamu di lemari khusus atau kotak penyimpanan untuk menjaga warna dan cat action figure kamu tetap utuh dan mengkilap. So, rawat dan bersihkan koleksi action figure-mu secara benar dan rutin ya.