Cara menutup pori-pori di wajah

image

Hati-hati jika memiliki pori-pori diwajah yang kian membersar, hal ini dapat menjadi pemicu masalah-masalah baru pada wajah. Lalu, bagaimana jika menginginkan untuk menutup pori-pori diwajah saat make-up?

  1. PERSIAPKAN WAJAHMU SEBAIK MUNGKIN!
    Pori-pori yang besar terlihat seperti area terbuka yang harus ditutupi. Lalu, apakah harus ditutup dengan foundation? Nope! Menutupi pori-pori besar dengan foundation pada akhirnya akan tetap terlihat cakey (bahkan dengan foundation yang high coverage sekalipun). Tutupi pori-pori yang besar dengan primer yang memiliki efek matte. Efek matte secara otomatis akan membuat kulit terlihat halus dan rata.
    Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk mengaplikasikan primer menggunakan kuas besar dengan gerakan menekan ke dalam agar primer dapat tersebar dengan rata ke seluruh pori-pori wajah.

  2. PAKAI FOUNDATION DENGAN CARA YANG BENAR
    Sebenarnya, nggak ada yang namanya “The Perfect Tools” untuk membaurkan foundation, kamu bahkan boleh menggunakan jarimu untuk membaurkan foundation di kulit. Tapi jika kamu bermasalah dengan pori-pori besar, foundation akan terlihat lebih menyatu dan lebih ‘menutup’ saat diaplikasikan dengan beauty blender yang lembap. Alternatif lain untuk beauty blender adalah stippling brush yang tidak kaku dan lembut.
    Things to remember about foundation, pilihlah foundation yang benar-benar mengikuti warna kulit kita (pikirkan juga warna kulit di bagian leher, ya!). Karena jarang banget ada foundation yang sesuai dengan warna kulit kita, kamu bisa mencampur 2 warna foundation supaya benar-benar terlihat seperti warna kulitmu. Hal ini penting karena untuk menyamarkan pori-pori besar, warna kulit kita tentunya harus terlihat rata. Terakhir, tinggalkan pola pikir high coverage foundation = no pores sepanjang hari. High coverage foundation biasanya memiliki formula yang lebih berat yang berakibat justru menyumbat pori-porimu. Untuk sehari-hari, light coverage foundation sudah cukup untuk menyamarkan pori-pori jika diaplikasikan dengan cara yang benar, kok! Kamu nggak mau pakai foundation seterusnya untuk menutupi pori-pori yang terlihat besar karena penyumbatan, kan?

  3. GUNAKAN MAKEUP YANG MENGANDUNG MINERAL
    Jangan remehkan makeup yang mengandung mineral, girls! Walaupun terasa ringan di kulit dan tampilan wajah kita terlihat seperti tidak mengenakan makeup, makeup dengan kandungan mineral dinilai lebih baik untuk yang memiliki pori-pori besar. Pertama, makeup yang mengandung mineral nggak mengandung bahan-bahan pengawet berbahaya yang bisa menyumbat pori-pori. Kedua, kandungan mineral di dalam makeup biasanya berupa partikel super kecil yang mampu mengisi pori-pori. Ketiga, jika sudah memiliki pori-pori besar, kita tentunya nggak ingin bermasalah dengan jerawat atau bahan pengawet berbahaya pada makeup. Nah, kandungan mineral alami seperti zinc oxide, titanium dioxide, silica, talc, dan iron oxide merupakan bahan nontoxic yang punya bahanya jauh lebih kecil dibandingan kandungan makeup non-mineral.

Sumber: