Cara menjinakan biawak atau salvator

Gambar-baby-salvator-300x250

Cara menjinakan biawak atau salvator

  • Pastikan biawak sudah melewati masa pemberian makan. Biawak hanya perlu diberi makan 3 hari sekali. Saat akan menjinakkan biawak, pastikan biawak yang akan melalui proses penjinakkan telah melalui proses pemberian makan. Hal ini dikarenakan salvator adalah hewan yang membutuhkan waktu lama dalam memproses atau mencerna makanannya. Menjinakkan salvator yang sedang memproses makanannya akan membuat salvator muntah atau stress.
  • Mulailah proses menjinakkan salvator dengan berinteraksi dengan salvator. Saya sarankan untuk tidak menggunakan pelindung tangan apapun saat berinteraksi dengan salvator anda jika salvator tidak terlalu agresif bisa menggunakan sarungan tangan karet jika salvator atau biawak yang akan dijinakkan masih sangat galak. Ajaklah biawak peliharaan anda bermain dengan menaruhnya di telapak tangan anda atau mengelus bagian punggungnya. Lakukan kegiatan tersebut secara terus menerus selama 5-10 menit setiap hari.
  • Perlu diketahui pula, semua bangsa reptil (termasuk biawak) bisa tahu perasaan manusia melalui sentuhan kulitnya. Semua jenis ular biasanya akan tahu jika anda takut atau jijik kepadanya. Takut kepada biawak yang akan anda coba jinakkan malah akan membuat dia berani terhadap anda. Akibatnya, dia akan lebih susah dijinakkan. Menghilangkan rasa takut kepada biawak yang akan dijinakkan adalah langkah pertama dalam menjinakkan biawak.