Cara meningkatan "Self - esteem"

Self-Esteem
Self – esteem adalah bagaimana kita menilai diri, memberi makna diri kita, kemudian menghargai diri kita. Cara untuk meningkatkan self – esteem adalah dengan membangun ekspektasi, harapan, serta target hidup yang realistis. Dengan realistis, kita akan mengukur segalanya sesuai dengan daya yang kita miliki. Cara yang kedua yaitu dengan membuat list kelebihan dan kekuranganmu, kemudian belajarlah untuk menghargai kelebihan yang kamu miliki. Selanjutnya, sadari bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan. Kita juga perlu belajar memaafkan kekurangan – kekurangan yang kita miliki. Ingat! Tidak ada satu pun orang yang sempurna. Cara yang keempat adalah pada saat kamu telah berhasil mencapai prestasi, jangan lupa beri apresiasi pada dirimu. Peluklah dirimu dan katakan, “kamu keren, kamu sudah berhasil!”.

Kalian pasti pernah mendengar kalimat “Practice makes perfect” , yang berarti kita harus membuat persiapan yang matang dan melatih diri secara berulang – ulang sampai kamu terbiasa. Semakin terbiasa, rasa percaya dirimu akan semakin meningkat. Tapi kalau saat panik harus bagaimana? Kamu harus menyiapkan satu mantra kunci seperti, “Ayo, kamu pasti bisa!”, kalimat – kalimat seperti ini akan membantu menenangkan diri. Hal yang terakhir yaitu sediakan waktu untuk dirimu sendiri. Sediakan waktu untuk belajar, waktu untuk istirahat, waktu untuk mengolah semua pengalamanmu.

Kalian setuju jika langkah – langkah tadi bisa meningkatkan self – esteem?
Menurut kalian bagaimana cara meningkatkan self – esteem?

Menurut Nathaniel Branden Self esteem merupakan keyakinan dalam individu untuk bertindak dan menghadapi dengan kemampuan yang dimilikinya, serta ada keyakinan untuk hidup bahagia, berharga, dan menegaskan kebutuhan atau keinginan dari hasil kerja keras yang telah dilakukkan (Branden , 2012). proses perkembangan self-esteem dimulai dengan adanya hubungan interpersonal dalam keluarga secara bertahap terpengaruh di sekolah dan masyarakat sehingga berakhir untuk berpotensi sejauh mana individu menjadi penentuan nasibnya (Nikmarijal, 2014). Karakteristik self-esteem tergantung bagaimana individu menilai dirinya yang dimana dapat mempengaruhi bagaimana individu tersebut berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. penilaian individu diungkap dalam sikap yang bersifat tinggi dan negative, yang artinya membangkitkan rasa percaya diri, harga diri, dan perasaan berguna bagi kehidupan dengan adanya kehadiran diri individu.
Menurut Battle (Marjohan, 1997) terdapat tiga komponen dalam self-esteem

  1. General self-esteem, yaitu perasaan seseorang self-worth yang bertentangan dengan self-esteem dimana berkaitan dengan aktivitas atau keterampilan dan perasaan harga diri serta persepsi dari nilai yang merupakan hasil dari pengalaman masa lalu individu.
  2. Social Self-esteem, yaitu aspek yang mengacu persepsi individu tentang kualitas hubungan dengan teman sebaya serta kemampuan untuk terlibat interaksi interpersonal individu dalam kehidupan sosial
  3. Personal Self-esteem yaoitu cara melihat dan berkaitan dengan self-image diri sendiri, karena dengan ini mempengarhui cara dan bagaimana seseorang berperilaku dalam situasi yang menantang,

Sumber :
Refnadi, R. (2018). Konsep Self-Esteem serta Implikasinya pada Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16-22.

Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan mengenai “Self - esteem”. Namun tiap individu tentunya memiliki cara yang berbeda untuk meningkatkan “Self - esteem” menambai pernyataan diatas mengenai “Self - esteem” lingkungan juga menjadi pengaruh penting dalam meningkatnya Self -esteem itu sendiri. Mengapa? karena pada lingkungan yang positif cenderung akan menciptakan energi yang positif tentunya, karena cerminan diri tidak akan jauh dari namanya lingkungan dan keluarga. Berada di tengah lingkungan yang baik secara tidak langsung akan menjadikan kita menjadi baik pula.
Menurut sumber yang saya baca ada beberapa cara untuk meningkatkan Self - esteem :

Cara meningkatkan self esteem

Kamu bisa memulai membangun harga diri yang lebih sehat melalui tips dan trik berikut.

  1. Kenali diri . Kamu adalah orang yang paling mengetahui dirimu sendiri. Ketahui dan tuliskan 10 kelemahan dan 10 kelebihan kamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih sadar akan siapa dirimu secara realistis dan juga seimbang.
  2. Stop bandingkan dirimu dengan orang lain . Evaluasi ekspektasi kamu atas dirimu sendiri tanpa membandingkan dirimu kepada orang lain. Tentunya kamu akan merasa gagal bila kamu hanya melihat kesuksesan orang. Karena itu, alihkan fokus kamu dari orang lain ke diri sendiri. Bagaimana cara kamu bisa menjadi versi yang lebih baik?
  3. Tetapkan tujuan dan nilai . Setiap orang mempunyai tujuan hidup yang berbeda. Ketika kamu sudah menemukan tujuan kamu, serta apa yang membuat kamu bahagia, maka kamu akan lebih mudah untuk menghargai diri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.
  4. Berteman dengan orang-orang yang positif . Cari orang yang bisa menghargai kamu, serta memotivasi kamu untuk kembali semangat. Jangan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang hanya akan menjerumuskan kamu dalam toxic relationship.
  5. Terima dan evaluasi kekurangan kamu . Mempunyai kekurangan itu wajar karena tidak ada orang yang sempurna. Namun, kamu harus juga bisa memilih mana kekurangan yang kamu bisa dan ingin perbaiki, dan mana yang kamu harus terima apa adanya.
  6. Berikan dirimu positive affirmation . Setiap bangun pagi, lihat ke kaca dan bicara pada dirimu. “Kamu terlihat cakep hari ini” atau “Aku yakin kamu bisa melakukan yang terbaik”. Bangun hubungan yang baik dengan dirimu sendiri.

Selain tips dan trik di atas, kamu juga bisa memperhatikan dirimu secara fisik. Pastikan bahwa kamu sudah makan, minum, dan istirahat yang cukup. Rutin berolahraga dan pastikan kamu sudah meluangkan waktu bersosialisasi bersama keluarga atau teman terdekat.

Self esteem bisa ditumbuhkan melalui hubungan yang baik dengan diri sendiri. Karena itu, pastikan bahwa kamu sudah memberikan yang terbaik pada dirimu. Pastikan kamu juga mempunyai perlindungan asuransi terbaik agar bisa terlindung dari risiko finansial yang tak terduga dalam hidup.
https://superyou.co.id/blog/gayahidup/apa-itu-self-esteem/