Cara Mengolah Tunjang Empuk Tanpa Presto

Tunjang diolah menjadi berbagai masakan yang sedap, di antaranya gulai tunjang ala padang atau mie kocok Bandung

  1. Pertama, pilih tunjang/ kaki sapi yang sudah dibersihkan, ini untuk lebih memudahkan kita mengolahnya. Jika anda tidak akan langsung memasakya, segera simpan di dalam freezer.
  2. Rebus air secukupnya hingga mendidih, masukan tunjang rebus beberapa saat kemudian matikan api, buang air rebusannya.
  3. Rebus kembali tunjang dengan air bersih yang baru. Perebusan kedua ini harap diperhatikan apinya. Untuk hasil terbaik, rebus tujang dengan api sedang, cenderung kecil supaya kuahnya tidak kotor dan lebih mudah empuk serta tidak mengeluarkan aroma lebih tajam.
  4. Tambahkan beberapa lembar daun salam untuk menetralisir aromanya. Tambahkan juga beberapa mata asam Jawa, yang fungsinya selain membuat aromanya lebih baik, juga kandungan asam di dalamnya dapat membantu mengempukan tunjang yang sedang direbus.
  5. Lama perebusan tunjang bisa memakan waktu 2-3 jam. Cek dengan cara menusuknya dengan garpu. Setelah dipastikan tingkat kelembutannya pas, segara angkat dari kompor dan buang air rebusannya. Tiriskan, kemudian potong-potong. Tunjang siap diolah sesuai selera.
Referensi

https://citarasaindonesia.co.id/article/cara-mengolah-tunjang-empuk-tanpa-presto.html