Cara menghilangkan bruntusan di hidung

Bruntusan hal yang sepele memang, tapi itu sangat menganggu hasil make-up. Sebaiknya
untuk menutupi bruntusan di hidung pakai apa ya? Apakah concealer? Atau cukup bb cream?

Bruntusan muncul disebabkan oleh banyak hal, seperti misalnya karena infeksi, ketahanan rendah terhadap bahan kimia, efek obat-obatan tertentu, polusi udara, cuaca tertentu, gigitan serangga, atau reaksi alergi. Bruntusan adalah kondisi di mana kulit mengalami bintik-bintik kemerahan yang rasanya gatal dan dapat membuat kulit menjadi kurang begitu cantik dipandang.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel
    Bila cuka sari apel biasanya dikonsumsi untuk menurunkan gejala kolesterol atau memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan, kali ini Anda bisa menggunakannya sebagai penghilang bruntusan. Apakah baik-baik saja kalau digunakan untuk kulit? Untungnya, cuka sari apel mentah dan organik memberikan efek penenang pada rasa gatal dan zat asam asetatnya akan membasmi infeksi kulit.
    Caranya: Sediakan cuka sari apel secukupnya, lalu ambil kapas lembut untuk Anda celupkan ke dalamnya. Setelah itu, kapas yang sudah dicelupkan tadi bisa Anda oles atau kompreskan ke area kulit wajah yang terkena bruntusan. Tunggu beberapa menit sebelum kemudian kapas Anda angkat; lakukan perawatan ini sehari 2-3 kali karena pasti dalam beberapa hari bruntusan akan berkurang dan mulai bersih.
    Karena cuka sari apel tidak selalu cocok untuk semua jenis kulit, terkadang bahan ini justru mampu memicu iritasi. Untuk lebih amannya, Anda bisa campurkan cuka sari apel dengan sedikit air sebelum diterapkan ke kulit. Cobalah obat alami lainnya bila iritasi berlanjut.

  2. Kompres Dingin
    Bruntusan di wajah atau yang disebut juga dengan ruam bisa juga dipicu oleh suhu panas dan gigitan serangga, jadi berpotensi meradang, membengkak dan gatal. Jadi, untuk mengurangi bruntusan dan juga menghilangkannya secara bertahap, silakan menggunakan kompres dingin.
    Caranya: Sediakan kantong plastik, masukkan es batu ke dalamnya, lalu tutuplah. Letakkanlah di area kulit wajah yang terkena bruntusan. Tahan selama beberapa menit untuk proses mengompres tersebut, ulangi beberapa kali dalam sehari. Atau, bisa juga Anda menyiapkan sebuah kain untuk direndam dalam air dingin, lalu kompreskan di area bruntusan 10 menit. Tapi jangan sekali-kali langsung menaruh es batu pada permukaan kulit secara langsung.

sumber: