Cara menghilangkan bopeng (bekas jerawat berlubang) pada wajah

bekas jerawat

Bagi yang sudah merasa sangat tidak nyaman dengan bekas jerawat yang membuat wajah Anda terlihat jelek dan kusam. Apalagi jika bekas jerawat tersebut berlubang yang membuat kulit pada wajah sangat tak enak di pandang. Bagi kebanyakan orang, ini adalah masalah yang sangat mengganggu sekali. Bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dan lubang di pipi dengan madu sebagai cara alami yang cepat dan manjur:

Madu
Madu sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
Madu juga bisa di gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat, terutama pada saat luka bekas jerawat masih belum kering atau masih mengalami peradangan.
Hal ini di karenakan madu mampu meredakan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.
Untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah lama, apalagi yang sudah berbentuk parut, lubang, atau bopeng, sebenarnya madu kurang efektif.

Karena itu sebaiknya madu di gunakan pada saat bekas luka masih baru.

Berikut ini beberapa manfaat madu yang perlu Anda ketahui.

Khasiat Madu:

  • Mengoleskan madu pada jerawat yang meradang dapat mengurangi kemerahan akibat peradangan, mengurangi infeksi, dan mempercepat penyembuhan lukanya.
  • Menyembuhkan luka. Penelitian memberikan bukti jika madu mampu membantu menyembuhkan berbagai jenis luka mulai dari luka gores, luka pasca operasi, bisul pada kaki, abscesses, dan luka bernanah.
  • Madu juga efektif untuk mengobati luka bakar. Dengan mengoleskan madu pada bagian kulit yang terbakar dapat mempercepat proses penyembuhan.
  • Mengatasi infeksi kulit akibat parasit.
  • Mengobati kulit gatal-gatal dan mengurangi iritasi akibat garukan.
  • Madu mampu membunuh bakteri dan jamur (fungus) yang merugikan.
  • Memperbaiki sel-sel kulit yang rusak serta mengangkat sel kulit mati yang sering kali menimbulkan flek hitam di wajah.
  • Menjaga kelembaban wajah.
  • Madu mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Dengan terapi madu kulit Anda bisa menjadi lebih halus dan terlihat lebih cerah.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan madu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menggunakan Madu Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Merah Dan Berlubang :

  1. Langkah pertama yaitu memastikan madu yang Anda gunakan adalah madu murni dan asli.
  2. Setelah memastikan bahwa madu yang Anda gunakan adalah madu asli, ambil beberapa tetes madu lalu oleskan secara merata pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat.
  3. Sebaiknya perawatan wajah untuk menghilangkan bekas jerawat dengan madu ini di lakukan pada malam hari menjelang tidur
  4. Pada pagi harinya bilaslah wajah Anda hingga bersih dengan menggunakan air.
  5. Lakukan secara rutin setiap malam hingga bopeng bekas jerawat tersamarkan.
  6. Selain di gunakan secara topikal, madu juga bisa di jadikan masker dan di campur dengan bahan-bahan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sumber :

1. Chemical Peeling

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat yang pertama adalah dengan melakukan prosedur chemical peeling di klinik kecantikan. Dokter akan merekomendasikan jenis chemical peeling yang cocok dengan kondisi kulit yang kamu miliki. Chemical peeling adalah metode pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia. Chemical peeling akan membuat bagian terluar kulit terkelupas sehingga bekas jerawat dan bopeng akan berkurang.

Menurut sebuah buku yang ditulis oleh Georgios Kravvas dan Firas Al-Niaimi yang dipublikasikan pada 2017, 6 dari 10 orang yang melakukan chemical peeling jenis Trichloroacetic Acid (TCA) membuat 70% bopeng pada kulit menjadi lebih baik. Chemical peeling sendiri ada tiga jenis, yaitu Alphahydroxyl Acid (AHA), Trichloroacetic Acid (TCA), dan Phenol. Cara menghilangkan bopeng dengan cepat ini perlu penanganan dokter dan jika dilakukan secara bertahap bisa membuat wajah kembali mulus seperti sedia kala.

2. Injeksi

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat yang kedua adalah dengan melakukan prosedur injeksi. Injeksi atau suntikan kortikosteroid dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara cepat di pipi. Cara menghilangkan bopeng dengan cepat ini hanya bisa dilakukan oleh dokter. Selain injeksi kortikosteroid, kamu juga bisa melakukan injeksi kolagen.

Proses penyembuhan bopeng dengan suntikan ini tergantung pada tingkat keparahan bopeng yang dimiliki. Jika bopeng cukup parah, maka membutuhkan beberapa kali perawatan ini agar kulit bisa kembali mulus.

3. Filler

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat yang ketiga adalah dengan melakukan prosedur filler. Filler bekerja dengan mengisi jaringan lunak pada kulit sehingga bekas jerawat dan bopeng akan menjadi lebih rata. Cairan untuk filler sendiri bisa bermacam-macam. Umumnya terdiri dari produk yang berbasis kolagen. Selain itu, filler juga dapat menggunakan cairan pengisi lainnya seperti Polymethylmethacrylate (PMMA), Hyaluronic Acid (HA), dan Poly-L-Lactic Acid (PLLA).

4. Micro Needling

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat yang keempat adalah dengan melakukan prosedur micro needling. Micro needling ini bisa dengan menggunakan dermaroller atau dermapen, alat yang memiliki jarum-jarum kecil yang berukuran 0,2-3 mm. Alat tersebut yang kemudian digunakan untuk melukai kulit wajah dan memancing produksi kolagen. Metode ini juga bisa diselingi dengan pemberian serum untuk mempercepat proses menghilangkan bopeng dan bekas jerawat.

Sebelum melakukan metode ini biasanya wajah akan diberikan krim anastesi sehingga kamu tidak akan merasa sakit. Bukan tidak mungkin bekas jerawat yang kamu miliki akan hilang dalam satu minggu jika kamu melakukan cara menghilangkan bopeng dengan cepat yang satu ini.

5. Laser

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat yang kelima adalah dengan melakukan prosedur laser. Laser tidak memerlukan bahan kimia atau alat dengan jarum-jarum kecil, cukup dengan alat khusus yang dapat menembakkan sinar laser ke kulit. Cara menghilangkan bopeng dengan cepat ini tergolong cukup efektif. Prosedur ini mendorong kulit untuk memproduksi kolagen dan sel-sel baru, sehingga bekas-bekas jerawat akan tersamarkan.

Biasanya prosedur laser berlangsung dalam waktu antara 30 menit hingga 1 jam. Setelah prosedur ini kamu bisa melihat perubahan pada wajahmu, seperti pori-pori mengecil, noda dan bekas-bekas jerawat juga tersamarkan. Namun prosedur ini mungkin bisa memberikan efek samping, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Dan prosedur menghilangkan bopeng dengan laser yang hasilnya cepat terlihat ini biayanya tidaklah murah.

6. Mesotherapy

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat berikutnya adalah dengan melakukan prosedur mesotherapy. Mesotherapy adalah salah satu jenis perawatan yang memanfaatkan suntikan cairan yang digunakan untuk merangsang kolagen pada kulit dan menyamarkan noda sera bekas jerawat. Prosedur mesotherapy cukup populer belakangan ini. Proses mesotherapy menggunakan alat khusus bernama mesogun atau mesoroller. Alat tersebut yang akan menyuntikkan serum vitamin dan zat lain ke dalam kulit wajah.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa perawatan di rumah akan membuat bopeng pergi, banyak orang menemukan bahwa bekas luka mereka mungkin kurang terlihat dengan satu atau lebih perawatan di rumah.

Perawatan di rumah ini sering dapat ditemukan di toko kesehatan atau dalam obat bebas (OTC).

1. Moisturizing oils

Beberapa minyak alami juga dapat mengurangi tanda-tanda jaringan parut, termasuk bekas luka. Minyak ini sering mengandung antioksidan alami atau senyawa lain yang dapat membantu mengurangi jaringan parut atau membantu menyembuhkan luka.

Minyak dapat digunakan, sebagai pelembab, setelah membersihkan kulit yang sakit. Beberapa minyak dapat memperburuk jerawat bagi sebagian orang, jadi yang terbaik adalah menguji minyak pada area kecil kulit sebelum menggunakannya secara teratur.

Minyak dan mentega yang berpotensi membantu termasuk:

  • mentega kakao
  • shea butter
  • minyak jojoba
  • minyak biji rami
  • minyak biji rosehip
  • minyak zaitun

2. Perawatan OTC

Krim OTC seringkali merupakan metode pengobatan pertama yang orang coba untuk mengurangi bopeng mereka. Krim ini terutama bekerja dengan melembabkan kulit dan mengurangi gejala, seperti gatal atau kemerahan.

Beberapa kulit dan masker kekuatan rendah juga dapat merangsang pertumbuhan kulit baru dan membantu mengurangi tanda-tanda jaringan parut. Mereka sering membutuhkan penggunaan terus menerus untuk waktu yang lama untuk menghasilkan hasil.

Penggunaan terus-menerus bahan kimia ini juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, jadi seseorang harus berkonsultasi dengan profesional medis sebelum menggunakannya.

3. Pijat wajah

Meskipun ini bukan obat langsung untuk bekas luka, mendapatkan pijat wajah dapat membantu mendukung metode perawatan lainnya. Baik melalui stimulasi manual atau dengan bantuan tongkat pijat, pijat wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi di kulit dan menghilangkan racun, yang bisa membuat perawatan lain lebih efektif.

4. Minyak esensial lavender

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke minyak lain pada daftar di atas dapat membantu menyembuhkan luka lebih baik. Penelitian telah mencatat bahwa minyak atsiri lavender diketahui memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, dan bahkan dapat membantu mengurangi jaringan parut pada beberapa orang.