Bagaimana Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Cokelat di Wajah (Freckles)?

freckles

Bintik-bintik kecokelatan di wajah lebih populer disebut dengan freckles. Freckles diperkirakan muncul akibat faktor genetik. Tapi bintik di wajah ini juga biasanya timbul akibat paparan sinar matahari berlebih.

1 Like

Jika Anda memiliki freckles dan ingin menghilangkannya, Anda dapat mempertimbangkan metode berikut:

1. Tabir Surya

Tabir surya tidak akan dapat menghilangkan bintik di wajah yang sudah terlanjur muncul, namun dapat membantu mencegah timbulnya bintik baru. Untuk hasil yang efektif, Anda harus mengoleskan tabir surya rutin sepanjang hari, termasuk dalam cuaca mendung sekalipun.

The American Academy of Dermatology menganjurkan beberapa tips berikut:

  • Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.
  • Kenakan tabir surya pada kulit setidaknya 15 menit sebelum Anda keluar ruangan.
  • Oleskan lagi tabir surya setelah dua jam, dan segera setelah Anda selesai berenang atau jika Anda banyak mengeluarkan keringat.

2. Terapi Laser

Terapi laser menggunakan metode “penembakan” gelombang cahaya yang ditargetkan langsung pada kulit yang bermasalah. Terapi laser secara umum aman untuk digunakan. Tergantung dari jenis masalah dan seberat apa kondisi bintik di wajah Anda, ada beberapa jenis laser yang biasa digunakan.

3. Cryosurgery

Prosedur ini menggunakan nitrogen cair yang bersuhu super dingin untuk membekukan dan menghancurkan sel kulit yang tidak normal. Cryosurgery pada umumnya aman dan tidak membutuhkan bius apa pun. Waktu penyembuhan dari prosedur ini juga cenderung cepat. Beberapa efek samping yang dapat muncul adalah hipopigmentasi, perdarahan, dan luka lepuh—yang dapat bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan penanganan mudah.

4. Krim Pencerah Kulit

Anda dapat membeli krim pemutih kulit di toko-toko atau supermarket terdekat, atau meminta dokter kulit meresepkannya untuk Anda. Banyak krim pencerah yang mengandung hydroquinone, sebuah bahan yang diduga dapat menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

5. Krim Retinoid

Krim retinoid merupakan senyawa turunan vitamin A yang digunakan untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mencerahkan bintik di wajah. Menurut penelitian pada tahun 2014, retinoid dapat memberikan efek perlindungan terhadap sinar matahari pada kulit dengan menyerap sinar UVB. Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan freckles.

6. Produk Peeling

Produk kimia ini biasa digunakan untuk mengelupas daerah yang rusak pada kulit. Untuk menghilangkan bintik di wajah, Anda biasanya akan disarankan untuk menggunakan produk peeling yang mengandung asam glikolik dan asam trikloroasetat. Kedua bahan ini dapat menembuh hingga lapisan tengah kulit. Saat kulit yang rusak mengelupas, maka lapisan kulit baru akan menggantikannya.

7. Obat Alami

Terdapat beberapa pengobatan alami yang menurut banyak orang dapat membantu menghilangkan bintik di wajah. Namun, sayangnya belum ada satu pun yang terbukti secara ilmiah. Anda dapat mencobanya, karena kebanyakan dari bahan tersebut tidak menimbulkan bahaya. Beberapa contoh bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan freckles antara lain air lemon, krim asam, yogurt, dan bawang. Segera hentikan pemakaian jika Anda mengalami iritasi pada kulit.

Referensi

Apa Penyebab dan Solusi dari Bintik Cokelat di Wajah?

Menurut saya, atasi permasalahan ini dengan cara alami akan lebih baik dan bebas dari efek samping dengan memanfaatkan sari lemon. Buat pasta dari madu, gula, dan sari lemon. Peras sari lemon dan tampung ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan 2 sendok makan gula dan dua sendok makan madu, sehingga membentuk pasta lengket.

  1. Oleskan campuran tersebut ke setiap bintik cokelat menggunakan kuas atau korek kuping.
  2. Biarkan selama setengah jam dan bilas dengan air dingin.
  3. Madu akan melembapkan kulit dan melindunginya agar tidak terlalu kering.