Cara Menghemat Pengeluaran Saat Travelling

Salah satu yang paling ditakuti ketika travelling adalah pengeluaran yang membengkak. Tentu sebelum travelling ada baiknya kalian merencanakan pengeluaran selama travelling. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Artinya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari biaya yang direncanakan. Hindari berhutang untuk travelling apalagi terlalu mudah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

Menghemat pengeluaran bukan berarti pelit. Sesekali kalian juga bisa menggunakan pesawat kelas bisnis atau hotel bintang lima saat travelling. Namun, pengeluaran yang over budget tanpa direncanakan akan menjadi musibah saat usai travelling. Jangan sampai usai senang-senang justru malah merana saat pulang. Seharusnya saat selesai travelling beban pikiran berkurang dan bukan ditambah lagi dengan tumpukan hutang.

Salah satu caranya adalah Pilih Hotel Bintang Satu atau Homestay Sebagai Tempat Menginap, Hotel bintang satu bisa jadi pilihan kalian untuk menginap sementara atau transit. Jika hanya sekadar singgah, tak ada salahnya juga kalian menginap di homestay. Selain lebih murah, kalian juga bisa menghemat budget. Di beberapa pulau terpencil dan destinasi wisata tersembunyi kerap sulit untuk menemukan hotel bintang satu sekalipun.

image

Tips lainnya, tak harus Selalu Membeli, Kalian Bisa Memasak Untuk Urusan Makan.Memasak bukan hanya bisa dilakukan ketika mendaki gunung saja. Tetapi saat travelling bersama teman atau keluarga juga bisa tetap dilakukan. Bahan-bahan mentah bisa diolah menjadi kuliner yang nikmat. Bahkan jika kalian travelling ke beberapa desa, sayuran bisa kalian minta secara gratis. Jikapun tidak gratis kalian bisa membelinya dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasar.

botol

Kalau saya menyarankan Selalu Membawa Botol Minum Air Mineral Sendiri. Dibeberapa negara maju terdapat kran air siap minum di beberapa tempat umum seperti taman. Jangan malu atau pun sungkan untuk selalu membawa botol mineral untuk air minum kalian. Percaya deh, harga air mineral botol di beberapa negara hampir lebih mahal dibandingkan dengan satu liter bahan bakar minyak. Jadi, mulai dari sekarang bawalah botol minum kemana saja agar bisa dengan mudah diisi ulang.