Cara menggunakan strontium yang benar

image
Strontium adalah zat yang dijadikan komposisi pada obat untuk menangani penyakit tulang, seperti penyakit osteoporosis, yaitu kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini menyebabkan tulang menjadi tipis dan rapuh, terutama terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Bagaimana cara menggunakan obat ini dengan benar?

Cara Menggunakannya

Strontium dapat diberikan saat perut dalam keadaan kosong atau di antara jam makan.
Selain itu disarankan untuk diberikan sebelum waktu tidur. Konsumsi strontium hanya dengan campuran air putih, lalu segera di minum.
Disarankan untuk menunggu dua jam sebelum mengonsumsi strontium jika pasien baru saja minum susu dan produk susu lainnya, atau mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.

Larutan strontium sebaiknya tidak didiamkan lebih dari 24 jam jika Anda terlewat meminumnya. Pastikan untuk mengaduk kembali larutan tersebut sebelum meminumnya. Usahakan untuk mengonsumsi strontium pada waktu yang sama tiap hari sehingga mudah bagi Anda untuk mengingat waktu minum obat.
Bagi pasien yang lupa mengonsumsi strontium, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis strontium pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Perhatikan keterangan yang tertera pada kemasan obat untuk memastikan dan mengetahui lebih banyak mengenai obat yang Anda konsumsi, terutama informasi mengenai efek samping.
Ikuti petunjuk dokter saat mengonsumsi strontium karena dosis dapat terus berubah dengan penyesuaian terhadap kondisi pasien.