Cara menggunakan obat senna?

cebok_20170708_134241
Senna adalah obat pencahar yang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dengan cara mengosongkan perut dari kotoran akibat konstipasi. Konstipasi dapat disebabkan oleh feses yang mengeras atau frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Senna biasa digunakan juga untuk membersihkan usus besar atau isi perut sebelum menjalani sebuah prosedur operasi. Obat ini digunakan dengan cara diminum atau dimasukkan ke dalam rektum melalui dubur. Bagaimana cara penggunaan yang tepat?

Mengonsumsi Senna dengan Benar
Senna sebaiknya dikonsumsi pada malam hari mengingat efek obat ini yang dapat berlangsung hingga 12 jam. Sementara itu, perbanyak asupan cairan dan jalani diet makan yang seimbang serta mengandung serat tinggi. Makanan dengan kandungan gula alami (sorbitol), seperti apel, anggur, kismis, pir, dan stroberi juga dapat membantu melunakkan tinja. Lakukan beberapa gerakan rutin, seperti berolahraga secara terjadwal, untuk memicu sistem pencernaan turut bergerak.

Senna dapat dikonsumsi bersama atau tanpa makanan. Minumlah obat sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Perhatikan juga keterangan lain, seperti efek samping, agar terhindar dari reaksi obat yang tidak diinginkan.

Jangan gandakan dosis obat yang terlewat, segera minum obat begitu teringat. Segera temui dokter jika sembelit masih berlangsung setelah menggunakan senna selama tiga hari.

Definisi Obat Senna

Senna adalah obat pencahar yang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dengan cara mengosongkan perut dari kotoran akibat konstipasi. Konstipasi dapat disebabkan oleh feses yang mengeras atau frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Senna biasa digunakan juga untuk membersihkan usus besar atau isi perut sebelum menjalani sebuah prosedur operasi. Obat ini digunakan dengan cara diminum atau dimasukkan ke dalam rektum melalui dubur.

Konstipasi (sembelit) dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kekurangan asupan makanan berserat dan kurang minum air putih. Kurang aktif bergerak (biasanya ketika terbaring sakit di tempat tidur) dan beberapa obat juga dapat menyebabkan konstipasi. Terutama bagi sebagian besar wanita, sembelit bisa diakibatkan oleh kehamilan. Senna akan merangsang otot saluran cerna untuk mendorong kotoran ke dubur dan sekaligus meningkatkan frekuensi buang air. Efek dari obat ini dapat berlangsung hingga 8-12 jam.

Tentang Obat Senna

  • Golongan: Pencahar
  • Kategori: Obat bebas
  • Manfaat: Mengobati konstipasi
  • Dikonsumsi oleh: Anak dan dewasa
  • Bentuk: Tablet dan cairan