Cara mendeteksi Kehamilan Pada anjing siberian husky

Sulit untuk mendeteksi apakah anjing tersebut hamil atau tidak, kebanyakan pemilik tahu ketika perutnya sudah membesar

Anjing yang sudah dikawinkan akan memperlihatkan tanda-tanda kehamilan pada 1 bulan atau 4 minggu setelah pemacakan. Perhatikan warna puting susu , jika berwarna kemerahan berarti anjing tersebut hamil. Untuk lebih mendapatkan hasil yang tepat, bawa anjing anda ke klinik hewan untuk mendapatkan pemeriksaan USG.

Anjing betina yang sedang hamil kadang menunjukan tingkah laku yang lebih tenang atau malas. Anjing akan sering tidur, nafsu makan menurun pada 1 atau 2 minggu pertama dan kadang disertai muntah. Anjing yang hamil harus dijaga nafsu makannya agar selera makannya selalu tinggi. Kadang ditemukan kasus anjing betina yang sedang hamil mogok makan atau selera makannya rendah sampai ia melahirkan. Jika anjing betina anda seperti ini, anda harus menyediakan waktu untuk menyuapi bahkan mencekokkan makanan agar ketersediaan nutrisi untuk janin selalu terjaga.

Masa kehamilan pada anjing berlangsung antara 55 hari-65 hari. Anjing betina yang sudah dikawinkan sebaiknya dijaga dengan benar untuk menghindari terjadinya stress. Stress dapat mengagalkan terjadinya kehamilan atau mengganggu kehamilan tersebut. Berikut hal yang harus dilakukan selama masa kehamilan:

  1. 3 minggu pertama berikan ia multi vitamin.

  2. 3 Minggu selanjutnya anjing betina diberi tambahan calsium.

  3. Setelah 6 minggu, pemberian calsium dihentikan dan dilanjutkan lagi dengan multi vitamin.

  4. Beri porsi makanan tambahan setelah anjing terdeteksi positif hamil.