Cara Mendapatkan Informasi Publik


Apa benar saya tidak boleh meminta laporan keuangan atau data-data lain di pemerintah kabupaten? Data ini berguna untuk bahan makalah saya. Pada saat minta ke pemda kabupaten, saya dimarahi dan disuruh pulang. Padahal saya minta baik-baik lengkap dengan surat permohonan dari kampus.

Data laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten merupakan informasi publik karena merupakan data yang terkait dengan penyelenggaraan Negara dan kepentingan publik.

Apabila Anda merasa bahwa permohonan sudah sesuai dengan mekanisme dan kriteria informasi publik, akan tetapi permohonan Anda tidak ditanggapi atau Anda tidak mendapatkan data yang Anda butuhkan, maka upaya yang dapat dilakukan adalah mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Apabila tanggapan atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam proses keberatan tidak memuaskan, pemohon informasi publik dapat mengajukan upaya penyelesaian sengketa informasi publik kepada Komisi Informasi.

Mengenai informasi publik ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (“UU KIP”).

sumber: hukumonline.com