Cara Mencegah Sembelit Saat Bepergian Atau Liburan

cebok_20170708_134241
Beberapa orang sering mengalami sulit BAB saat bepergian ke luar kota, baik dengan mobil atau pesawat. Ini karena Anda mungkin terlalu lama duduk selama berjam-jam, bahkan sengaja membatasi makan atau minum agar tidak bolak-balik ke kamar mandi. Akibatnya, Anda menjadi sulit buang air besar dan tidak nyaman selama di perjalanan. Tenang dulu, beberapa cara berikut ini bisa membantu melancarkan sistem pencernaan Anda dan mencegah sembelit saat bepergian. Bagaimana caranya?

1. Minum cuka sari apel setiap hari
Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dalam sedikit air dan minum 15-30 menit sebelum makan, bisa memperkuat sistem pencernaan Anda. Ini membantu merangsang produksi air lambung yang penting untuk menurunkan makanan dengan benar. Cuka sari apel membantu pencernaan dengan membuang kembung dan kram perut serta mengoptimalkan buang air besar.

2. Minum selalu teh jahe
Selama perjalanan dengan udara, perbanyak minum teh jahe. Jahe dapat menghilangkan stagnasi dalam tubuh, membuat tubuh tetap terhidrasi, meningkatkan sirkulasi, meminimalkan pembengkakan di kaki. Saat berada di lokasi liburan, perbanyak buah-buahan dan sayuran. Manfaat waktu luang untuk bersantai juga penting.

3. Ambil magnesium dan mandi air panas
Magnesium sitrat dapat diserap oleh aliran darah dengan cepat. Magnesium melemaskan sistem saraf pusat, membantu relaksasi otot dan pencernaan. Selain itu, mandi air panas 20 menit sebelum pergi dan setelah tiba dari bepergian, memungkinkan tubuh untuk mengatur ulang sistemnya.

4. Pilih menu makanan yang meningkatkan pencernaan
Perjalanan yang lama di pesawat bisa membuat tubuh sangat dehidrasi yang berkontribusi terhadap konstipasi. Anda bisa perbanyak minum air putih atau membawa makanan sehat selama penerbangan. Menjauhkan makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kangkung, dan kacang-kacangan.

Sumber : rona.metrotvnews.com