Cara Mempelajari Kebijaksanaan

Ada tiga cara yang bisa kita tempuh untuk mempelajari kebijaksanaan. Pertama, lewat perenungan, itulah yang paling mulia. Kedua, dengan meniru, itulah yang termudah. Ketiga, melalui pengalaman, itulah yang terpahit.

Untuk mempelajari kebijaksanaan, ada tiga cara yang bisa ditempuh menurut caption Instagram bijak Confucius ini. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meniru memang mudah, tapi gampang terlupa. Perenungan pun mulia, tapi tanpa diterapkan lewat tindakan, akan jadi sia-sia. Pengalaman sering kali menyisakan rasa pahit, tapi justru itulah yang akan membuatmu tidak mudah mengabaikan dan melupakannya.

Sumber:

Kebijaksanaan adalah kebajikan tertinggi yang mendasari sikap Anda yang lain, misalnya saat harus menunjukkan keadilan, ketegaran, dan pengendalian diri. Bersikap bijaksana berarti bisa membuat keputusan berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku dan mampu menjalani kehidupan sehari-hari secara cerdas dan penuh pertimbangan. Penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang dengan penuh kesadaran menjalani hidup bijaksana akan lebih sehat dan panjang umur. Anda bisa menerapkan kebajikan tertinggi ini dengan bersikap bijaksana di rumah, di tempat kerja, atau di sekolah.