Cara memilih eye cream

image

Pada umumnya, kerutan akan menjadi samar pada saat kondisi kulit lembap, seperti sesaat setelah mandi atau setelah diberi moisturizer. Namun, kerutan akan tampak jelas saat kondisi kulit kering dan hal ini akan mempengaruhi hasil akhir makeup sekitar mata. Memiliki masalah kerutan halus di sekitar mata, maka pilihlah eye cream dengan kemampuan melembapkan yang ampuh. Misalnya eye cream yang mengandung ceramides, hyaluronic acid, collagen atau asam amino. Nah, bagaimana sebaiknya cara memilih eye cream yang tepat agar membeli bukan langkah yang sia-sia?

Penggunaan eye cream penting untuk merawat area sekitar mata. Sebelum membeli eye cream, Kuy mari disimak poin penting saat hendak memilihnya!

  1. Pilih eye cream yang mampu menyamarkan kerutan halus di sekitar mata
    Kerutan halus muncul karena kondisi kering pada bagian kulit yang tipis, seperti pada area sekitar mata dan bibir. Dan kerutan halus akan semakin tampak jelas bila kondisi kulit semakin kering. Pada umumnya, kerutan akan menjadi samar pada saat kondisi kulit lembap, seperti sesaat setelah mandi atau setelah diberi moisturizer. Namun, kerutan akan tampak jelas saat kondisi kulit kering dan hal ini akan mempengaruhi hasil akhir makeup sekitar mata Anda.
    Bila Anda memiliki masalah kerutan halus di sekitar mata Anda, maka pilihlah eye cream dengan kemampuan melembapkan yang ampuh. Misalnya eye cream yang mengandung ceramides, hyaluronic acid, collagen atau asam amino.

  2. Pilih eye cream yang mampu mengecilkan kantong mata
    image
    Kantong mata timbul karena kendurnya kulit di bawah mata. Salah satu penyebabnya adalah menurunnya kandungan collagen dan hyaluronic acid pada kulit di bawah mata. Penyebab lainnya adalah penggunaan smartphone atau komputer dalam waktu yang lama dan kelemahan pada otot sekitar mata.
    Pilihlah eye cream dengan kandungan retinol, collagen, derivat vitamin C, isoflavone atau niacin yang mampu membantu mengatasi kendurnya kulit di bawah mata Anda.

  3. Pilih eye cream yang mampu mengatasi lingkaran gelap di bawah mata
    Lingkaran gelap di bawah mata dapat terjadi karena beberapa hal. Dengan adanya lingkaran gelap di bawah mata, wajah akan tampak lelah dan tampak lebih tua. Sehingga, penggunaan eye cream penting untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata.
    Terdapat beberapa tipe dari lingkaran gelap di bawah mata, yang disebabkan oleh faktor yang berbeda. Beberapa tipe tersebut adalah tipe lingkaran gelap berwarna biru, hitam dan cokelat.

  4. Pilih berdasar kemasan eye cream
    image
    Selain memperhatikan kandungan dan fungsi dari eye cream, Anda juga harus memperhatikan kemasan eye cream yang hendak Anda beli. Beberapa produk berbentuk tube yang memudahkan Anda menentukan jumlah krim yang ingin Anda gunakan. Dan terdapat beberapa bentuk lain seperti bentuk jar dan juga botol. Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda dalam menggunakan eye cream.

Sumber:

Pilih yang mengandung bahan pelembap agar kulit sehat dan terlindung dari kekeringan


Pilih yang mengandung bahan pelembap agar kulit sehat dan terlindung dari kekeringan

Pelembap merupakan bahan yang sangat penting karena kulit sekitar mata sangatlah tipis dan mudah kering. Bertambahnya usia, paparan sinar ultraviolet, atau terlalu sering berada di depan komputer akan menjadikan mata lelah. Hal-hal tersebut juga menjadi penyebab kulit di sekitar mata keriput dan kendur. Maka dari itu, pilihlah eye cream yang megandung pelembap agar kulit di area sekitar mata sehat dan terawat.

Contoh bahan pelembap yang umum terkandung dalam eye cream adalah ceramide, elastine, hyaluronic acid, collagen, glycerine, dan lain-lain. Walaupun Anda membeli eye cream dengan harga terjangkau, hasil maksimal tetap akan Anda peroleh jika di dalamnya mengandung salah satu dari bahan-bahan tersebut.

Pilih produk yang bisa mengatasi garis halus dan kantong mata


Masing-masing kandungan bahan di dalam eye cream memiliki fungsi yang berbeda-beda. Saat memilih eye cream, bahan yang mampu mengatasi masalah pada kulit sekitar mata harus menjadi perhatian utama Anda. Pastikanlah keberadaan bahan-bahan tersebut sebelum Anda membeli produk pilihan Anda.

1. Bahan pelembap untuk atasi kerutan karena kulit kering, bahan regenerator untuk atasi kerutan tanda penuaan

Bahan pelembap untuk atasi kerutan karena kulit kering, bahan regenerator untuk atasi kerutan tanda penuaan

Jika Anda merasa galau dengan kerutan atau garis halus pada kulit sekitar mata, hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan penyebabnya. Kerutan atau garis halus dapat disebabkan oleh kulit kering dan tanda penuaan. Bila disebabkan oleh kulit kering, garis halus tidak lagi tampak terlalu mencolok saat Anda melembapkannya. Jika Anda mengalami kerutan jenis ini, gunakanlah eye cream yang mengandung bahan pelembap, seperti ceramide, hyaluronic acid, dan lain-lain.

Anda telah melembapkan bagian kerutan, tetapi garis halus tetap muncul? Bisa jadi kerutan di wajah Anda adalah tanda penuaan yang harus ditangani. Pilihlah eye cream yang mengandung retinol dan niacin untuk mendorong regenerasi sel kulit serta mencegah tanda penuaan dini.

2. Komposisi yang mengandung elastine dan niacinamide untuk atasi kantung mata

Komposisi yang mengandung elastine dan niacinamide untuk atasi kantung mata

Untuk masalah kantung mata yang membuat Anda merasa tidak nyaman, kami sarankan untuk menggunakan eye cream berkandungan elastine dan niacinamide. Elastine berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Sedangkan niacinamide berfungsi mengaktifkan sel-sel kulit agar kulit Anda tampak kencang.

Bahan lainnya yang cocok untuk mengatasi masalah kulit kendur adalah retinol. Retinol berfungsi untuk membantu mengangkat kulit kendur yang kehilangan elastisitasnya. Jadi, untuk mengatasi masalah kulit kendur, pilihlah eye cream berkandungan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, ya.

Pilih eye cream yang mampu mengatasi lingkaran gelap di bawah mata


Meskipun disebut lingkaran gelap, ternyata warna yang kerap tampak pada area di bawah mata secara garis besar terbagi menjadi tiga tipe. Tipe tersebut adalah tipe lingkaran gelap berwarna biru, hitam, dan cokelat. Penyebab lingkaran gelap pun berbeda tergantung pada tipenya. Untuk lebih jelasnya, simak terus ulasan rinci berikut ini!

1. Lingkaran gelap biru karena kurang lancarnya aliran darah

Lingkaran gelap biru karena kurang lancarnya aliran darah

Lingkaran gelap berwarna biru adalah lingkaran gelap yang hilang jika Anda meregangkan kulit atau mengaplikasikan foundation pada area di bawah mata. Kemungkinan besar, lingkaran gelap tipe ini terjadi akibat terlalu lama begadang atau tidak tidur semalaman. Barangkali tak jarang Anda melakukan ini saat harus lembur menyelesaikan pekerjaan yang mendekati deadline.

Lingkaran gelap tipe ini disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran darah. Pijatan hangat disekitar mata dan wajah dapat membantu melancarkan peredaran darah serta menyamarkan lingkaran gelap. Selain itu, penggunaan eye cream yang mengandung vitamin K, vitamin P (flavonoid) atau vitamin E juga dapat mengatasi masalah tersebut.

2. Lingkaran gelap hitam karena kulit kendur

Lingkaran gelap hitam karena kulit kendur

Bila lingkaran gelap menjadi samar pada saat disinari atau saat Anda bercermin sambil mengarahkan wajah ke atas, barangkali Anda memiliki tipe lingkaran gelap berwarna hitam. Lingkaran gelap tipe ini terjadi karena kendurnya kulit di bawah mata sehingga menciptakan bayangan hitam, bukan karena warna hitam yang muncul di kulit.

Warna gelap pada kulit sekitar mata pada tipe ini tidak akan menghilang meski telah diberi foundation ataupun concealer. Untuk membantu memulihkan kondisi ini, Anda dapat menggunakan eye cream dengan kandungan retinol, collagen, derivat vitamin C, isoflavone atau niacin.

3. Lingkaran gelap cokelat karena pigmentasi kulit

Lingkaran gelap cokelat karena pigmentasi kulit

Tipe lingkaran gelap cokelat memiliki ciri khas berwarna kecokelatan dan dapat disamarkan atau ditutupi dengan penggunaan foundation atau concealer. Kondisi ini terjadi karena adanya spot atau pigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh iritasi pada kulit bawah mata.

Hindarilah menggosok mata saat mencuci muka setelah menggunakan makeup seharian dan sebagainya. Eye cream dengan kandungan derivat vitamin C, arbutin atau placenta dapat membantu mengurangi pigmentasi melanin pada kulit di bawah mata Anda.

Pilih yang memiliki kandungan bahan kimia dengan takaran minimum


Pilih yang memiliki kandungan bahan kimia dengan takaran minimum

Kulit di area sekitar mata merupakan kulit yang tipis dan rentan terhadap bahan kimia. Karena itu, sebaiknya Anda memilih eye cream yang sedikit mengandung bahan kimia atau mengandung bahan aktif lainnya yang aman bagi kulit.

Lihatlah komposisi eye cream yang tertera di belakang kemasan produk dan pastikan bahan-bahan seperti etanol, paraben, dan parfum tidak terkandung di dalamnya. Dengan begitu, produk tersebut bisa dikatakan aman untuk kulit mata yang sensitif. Pastikanlah hal ini terlebih dahulu sebelum membeli bila Anda menemukan produk yang Anda minati.

Pilih eye cream bertekstur lembut berdasarkan review konsumen


Pilih eye cream bertekstur lembut berdasarkan review konsumen

Tekstur eye cream juga perlu diperhatikan. Pilihlah eye cream yang halus dan lembut agar nyaman saat dioleskan pada area kulit sekitar mata. Tekstur cream yang terlalu kental akan sulit diserap kulit sehingga kami sarankan Anda untuk memilih cream berwujud gel atau lotion.

Dengan membaca review dari konsumen, Anda bisa mengetahui tekstur eye cream yang ingin Anda pakai sebelum membelinya. Karena itu, cobalah untuk banyak membaca review dari para konsumen yang sudah banyak di-posting di internet.

Pilih eye cream dengan kemasan yang mudah digunakan


Pilih eye cream dengan kemasan yang mudah digunakan

Eye cream yang dijual di pasaran seringkali hadir dalam kemasan tube. Kemasan jenis ini sangat praktis karena Anda tinggal mengeluarkan eye cream sebanyak yang Anda inginkan. Selain itu, ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana tanpa butuh tempat penyimpanan yang besar.

Kemasan lainnya yang juga umum ditemui adalah jar. Kemasan jar biasanya bervolume isi lebih banyak dengan harga lebih terjangkau. Anda pun akan lebih mudah memastikan isi eye cream yang tersisa di dalamnya. Apapun jenis kemasannya, pilihlah eye cream dengan cara pemakaian yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Eye cream atau krim mata merupakan produk skincare yang ditujukan untuk perawatan kulit sekitar mata yang menghitam, kendur, atau kering. Tak heran jika produk ini memiliki harga yang relatif tinggi karena manfaatnya juga luar biasa. Namun, berbagai produsen, seperti Pond’s, L’oreal, dan Olay tidak kehabisan cara untuk meluncurkan produk eye cream dengan harga terjangkau.

Cara memilih eye cream

Di pasaran, banyak produk eye cream dengan harga terjangkau yang ampuh mengatasi masalah kulit sekitar mata. Namun, apakah Anda yakin bisa menemukan eye cream yang efektif untuk mengatasi masalah kulit Anda? Kami akan menjelaskan cara memilih eye cream agar Anda bisa menemukan eye cream yang tepat. Berikut poin-poin penting yang harus Anda perhatikan!

1. Pilih yang mengandung bahan pelembap agar kulit sehat dan terlindung dari kekeringan

Pelembap merupakan bahan yang sangat penting karena kulit sekitar mata sangatlah tipis dan mudah kering. Bertambahnya usia, paparan sinar ultraviolet, atau terlalu sering berada di depan komputer akan menjadikan mata lelah. Hal-hal tersebut juga menjadi penyebab kulit di sekitar mata keriput dan kendur. Maka dari itu, pilihlah eye cream yang megandung pelembap agar kulit di area sekitar mata sehat dan terawat.

Contoh bahan pelembap yang umum terkandung dalam eye cream adalah ceramide, elastine, hyaluronic acid, collagen, glycerine, dan lain-lain. Walaupun Anda membeli eye cream dengan harga terjangkau, hasil maksimal tetap akan Anda peroleh jika di dalamnya mengandung salah satu dari bahan-bahan tersebut.

2. Pilih produk yang bisa mengatasi garis halus dan kantong mata

Masing-masing kandungan bahan di dalam eye cream memiliki fungsi yang berbeda-beda. Saat memilih eye cream , bahan yang mampu mengatasi masalah pada kulit sekitar mata harus menjadi perhatian utama Anda.

a. Bahan pelembap untuk atasi kerutan karena kulit kering, bahan regenerator untuk atasi kerutan tanda penuaan

Jika Anda merasa galau dengan kerutan atau garis halus pada kulit sekitar mata, hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan penyebabnya. Kerutan atau garis halus dapat disebabkan oleh kulit kering dan tanda penuaan. Bila disebabkan oleh kulit kering, garis halus tidak lagi tampak terlalu mencolok saat Anda melembapkannya. Jika Anda mengalami kerutan jenis ini, gunakanlah eye cream yang mengandung bahan pelembap, seperti ceramide , hyaluronic acid , dan lain-lain.

Anda telah melembapkan bagian kerutan, tetapi garis halus tetap muncul? Bisa jadi kerutan di wajah Anda adalah tanda penuaan yang harus ditangani. Pilihlah eye cream yang mengandung retinol dan niacin untuk mendorong regenerasi sel kulit serta mencegah tanda penuaan dini.

b. Komposisi yang mengandung elastine dan niacinamide untuk atasi kantung mata

Untuk masalah kantung mata yang membuat Anda merasa tidak nyaman, kami sarankan untuk menggunakan eye cream berkandungan elastine dan niacinamide. Elastine berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Sedangkan niacinamide berfungsi mengaktifkan sel-sel kulit agar kulit Anda tampak kencang.

Bahan lainnya yang cocok untuk mengatasi masalah kulit kendur adalah retinol. Retinol berfungsi untuk membantu mengangkat kulit kendur yang kehilangan elastisitasnya. Jadi, untuk mengatasi masalah kulit kendur, pilihlah eye cream berkandungan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, ya.

2. Pilih eye cream yang mampu mengatasi lingkaran gelap di bawah mata

Meskipun disebut lingkaran gelap, ternyata warna yang kerap tampak pada area di bawah mata secara garis besar terbagi menjadi tiga tipe. Tipe tersebut adalah tipe lingkaran gelap berwarna biru, hitam, dan cokelat. Penyebab lingkaran gelap pun berbeda tergantung pada tipenya. Untuk lebih jelasnya, simak terus ulasan rinci berikut ini!

a. Lingkaran gelap biru karena kurang lancarnya aliran darah

Lingkaran gelap berwarna biru adalah lingkaran gelap yang hilang jika Anda meregangkan kulit atau mengaplikasikan foundation pada area di bawah mata. Kemungkinan besar, lingkaran gelap tipe ini terjadi akibat terlalu lama begadang atau tidak tidur semalaman. Barangkali tak jarang Anda melakukan ini saat harus lembur menyelesaikan pekerjaan yang mendekati deadline.

Lingkaran gelap tipe ini disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran darah. Pijatan hangat disekitar mata dan wajah dapat membantu melancarkan peredaran darah serta menyamarkan lingkaran gelap. Selain itu, penggunaan eye cream yang mengandung vitamin K, vitamin P ( flavonoid ) atau vitamin E juga dapat mengatasi masalah tersebut.

b. Lingkaran gelap hitam karena kulit kendur

Bila lingkaran gelap menjadi samar pada saat disinari atau saat Anda bercermin sambil mengarahkan wajah ke atas, barangkali Anda memiliki tipe lingkaran gelap berwarna hitam. Lingkaran gelap tipe ini terjadi karena kendurnya kulit di bawah mata sehingga menciptakan bayangan hitam, bukan karena warna hitam yang muncul di kulit.

Warna gelap pada kulit sekitar mata pada tipe ini tidak akan menghilang meski telah diberi foundation ataupun concealer . Untuk membantu memulihkan kondisi ini, Anda dapat menggunakan eye cream dengan kandungan retinol , collagen , derivat vitamin C, isoflavone atau niacin .

c. Lingkaran gelap cokelat karena pigmentasi kulit

Tipe lingkaran gelap cokelat memiliki ciri khas berwarna kecokelatan dan dapat disamarkan atau ditutupi dengan penggunaan foundation atau concealer . Kondisi ini terjadi karena adanya spot atau pigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh iritasi pada kulit bawah mata.

Hindarilah menggosok mata saat mencuci muka setelah menggunakan makeup seharian dan sebagainya. Eye cream dengan kandungan derivat vitamin C, arbutin atau placenta dapat membantu mengurangi pigmentasi melanin pada kulit di bawah mata Anda.

3. Pilih yang memiliki kandungan bahan kimia dengan takaran minimum

Kulit di area sekitar mata merupakan kulit yang tipis dan rentan terhadap bahan kimia. Karena itu, sebaiknya Anda memilih eye cream yang sedikit mengandung bahan kimia atau mengandung bahan aktif lainnya yang aman bagi kulit.

Lihatlah komposisi eye cream yang tertera di belakang kemasan produk dan pastikan bahan-bahan seperti etanol, paraben, dan parfum tidak terkandung di dalamnya. Dengan begitu, produk tersebut bisa dikatakan aman untuk kulit mata yang sensitif. Pastikanlah hal ini terlebih dahulu sebelum membeli bila Anda menemukan produk yang Anda minati.

4. Pilih eye cream bertekstur lembut berdasarkan review konsumen

Tekstur eye cream juga perlu diperhatikan. Pilihlah eye cream yang halus dan lembut agar nyaman saat dioleskan pada area kulit sekitar mata. Tekstur cream yang terlalu kental akan sulit diserap kulit sehingga kami sarankan Anda untuk memilih cream berwujud gel atau lotion .

Dengan membaca review dari konsumen, Anda bisa mengetahui tekstur eye cream yang ingin Anda pakai sebelum membelinya. Karena itu, cobalah untuk banyak membaca review dari para konsumen yang sudah banyak di- posting di internet.

5. Pilih eye cream dengan kemasan yang mudah digunakan

Eye cream yang dijual di pasaran seringkali hadir dalam kemasan tube. Kemasan jenis ini sangat praktis karena Anda tinggal mengeluarkan eye cream sebanyak yang Anda inginkan. Selain itu, ukurannya yang kecil juga memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana tanpa butuh tempat penyimpanan yang besar.