Cara memelihara tarantula bagi pemula

h tarantula

tarantula adalah hewan yang menakutkan bagi sebagian orang. selain ukurannya yang besar dan wujudnya yang menakutkan, tarantula juga memiliki racun yang mematikan. namun sebagian orang ada yang menganggap tarantula sebagai hewan unik yang dapat dipelihara. bagaimanakah cara memelihara tarantula bagi pemula?

tarantula-5

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum memelihara tarantula, yaitu

  1. Saat kamu akan memelihara Tarantula, pastikan nama ilmiah atau nama latin Tarantula yang akan kamu pelihara. Ini untuk memudahkanmu mempelajari karakter Tarantulamu via care sheet yang banyak beredar di Internet.

  2. Perhatikan pula jenis kelaminnya, karena betina rata-rata memiliki umur dua kali lipat lebih panjang dari jantan.

  3. Semua jenis Tarantula memiliki racun sebagai alat membela diri pada saat terpojok. Racun ini untuk melumpuhkan lawan dan buruan yang ukurannya jauh lebih besar dengan cara menggigitnya. Meski belum ada yang tewas karena gigitan Tarantula, hanya saja lebih baik dihindari kaan?

  4. Sediakan tempat untuk memelihara Tarantula. Tarantula besar biasanya dipelihara di aquarium yg tertutup tapi ada lubang buat sirkulasi udara. Untuk yang masih kecil biasanya pakai tempat yang terbuat dari mika/acrilic berpenutup dan berlubang fentilasi.

  5. Tarantula membutuhkan hawa yang cukup lembab untuk bertahan hidup. Jadi, jangan biarkan kandangnya kering atau gersang ya. Selalu sedikan air.

  6. Untuk kamu yang baru akan pelihara Tarantula, beberapa jenis ini bisa menjadi pilihan karena karakternya yang relatif lebih jinak, tidak galak dan bergerak lamban. Mereka misalnya Brachypelma Albopilosum, Lasiodora Parahybana dan Grammostola Rosea.

  7. Sebenarnya, memegang Tarantula dengan alasan apapun tidak dianjurkan karena sesungguhnya ia masih hewan liar yang tidak butuh dibelai-belai layaknya anjing dan kucing. Selain itu, untuk beberapa orang yang mudah alergi, memegang Tarantula dapat menimbulkan alergi terutama gatal dan ruam.