Cara membuat Ebi Furai

Makanan Jepang ini cocok untuk disantap bersama nasi hangat. Bagaimana cara membuatnya?

http://destinasikuliner.com/wp-content/uploads/2018/01/ebi-furai-690x460.jpg

Bahan:

  • 5 ekor udang galah atau jerbung yang besar + 1/4 sendok teh garam
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 3 - 4 sendok makan air
  • 2 siung bawang putih diparut
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh cabai bubuk (optional)
  • 1 butir telur kocok lepas
  • tepung roti/breadcrumbs untuk melapisi udang secukupnya *)
  • minyak untuk menggoreng

*) Gunakan jenis tepung roti/breadcrumbs yang memiliki butiran agak besar misal merk Panko

Cara membuat:

  1. Siapkan udang, buang kepalanya, kupas kulitnya namun jangan lepaskan ekornya. Biarkan ekornya tetap terpasang. Sayat bagian punggungnya memanjang, buang kotoran udang yang berbentuk tali memanjang berwarna kehitaman dan uratnya yang berwarna putih benin. Cuci udang hingga bersih. Keringkan udang dengan tissue dapur hingga benar-benar kering.

  2. Ambil satu ekor udang, kerat-kerat bagian perut udang dengan jarak sekitar 1/2 cm, pastikan keratan cukup dalam tetapi badan udang tidak sampai putus. Jika keratan kurang dalam maka udang akan melengkung ketika digoreng.

  3. Telungkupkan udang dengan sisi perut di bagian bawah. Tekan punggungnya dengan menggunakan telapak tangan, hingga urat di punggung putus dan udang rata. Lakukan pada semua udang, taburi permukaannya dengan garam, sisihkan.

  4. Siapkan mangkuk, masukkan tepung maizena dan air, aduk rata hingga tepung larut. Masukkan bawang putih, garam, merica, dan cabai bubuk jika pakai. Aduk rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Masukkan telur, aduk hingga rata.

  5. Pastikan tangan anda bersih dan tidak basah ketika melumuri udang dengan breadcrumbs, tangan yang basah akan membuat tepung roti menggumpal di tangan dan mempersulit proses.

  6. Siapkan piring letakkan breadcrumbs di piring. Celupkan sepotong udang di dalam kocokan telur, hingga rata. Angkat dan ketuk-ketukkan untuk membuang kelebihan telur. Letakkan udang di permukaan breadcrumbs.

  7. Lumuri permukaan udang dengan breadcrumbs, tekan kuat-kuat dengan gerakan lembut hingga breadcrumbs menempel dengan baik.

  8. Celupkan sekali lagi udang ke kocokan telur, kemudian letakkan kembali ke breadcrumbs.

  9. Lumuri udang dengan breadcrumbs hingga rata, tekan kuat-kuat hingga breadcrumbs menempel dengan baik. Kalau perlu kepalkan udang hingga breadcrumbs benar-benar menempel. Tata udang di sebuah loyang beralaskan kertas baking. Lakukan hingga semua udang habis.

  10. Jika anda ingin permukaan ebi furai tampak berserabut dan terlihat lebih kriuk-kriuk, maka pada saat lumuran breadcrumbs yang terakhir tidak perlu dikepalkan hingga breadcrumbs menjadi melesak dan rata.

  11. Siapkan wajan, beri dan panaskan minyak agak banyak. Goreng udang hingga tenggelam di dalam minyak dengan api kecil hingga permukaannya kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan sajikan dengan salad dan saus mayonnaise. Santap selagi hangat.

Sumber