Cara membuat DIY Natural Liquid Foundation

Merk foundation memang banyaj beredar dipasaran. Terkadang saya merasa terlalu khawatir dengan berbagai bahan kimia yang dimasukan ke dalam liquid foundation brand ternama.

image

Cara membuat:

Lelehkan beeswax dengan cara double boiler atau biasa disebut mengetim, bagi yang belum tahu, cara mengetim adalah dengan cara merebus air lalu menaruh mangkuk kaca tahan panas. Atau bisa juga mangkuk berbahan stainless steel lalu masukkan beeswax dan aduk hingga beeswax mencair. Lalu setelah itu masukkan shea butter dan argan oil ke dalam mangkuk.

Tambahkan aloe vera gel dan witch hazel aduk hingga adonan menjadi lembut. Setelah itu matikan api.

Masukkan mica powder dan cocoa powder sesuai takaran. Jika kulit kamu cenderung gelap, kamu bisa menggunakan 1 sendok teh cocoa powder. Tetapi jika cenderung lebih terang, cukup 1/2 sendok teh cocoa powder saja. Sama halnya seperti mica powder, jika kulit kamu cenderung terang, cukup 1/2 sendok teh mica powder, jika gelap 1 sendok teh mica powder. Lalu aduk seluruh bahan hingga tercampur sempurna.

Setelah agak dingin tempatkan natural liquid foundation yang telah kamu buat ke dalam wadah yang bersih dan higienis. Atau bisa juga kamu membersihkan tempat foundation lama kamu lalu menaruh natural liquid foundation ini ke dalam wadah foundation lama kamu. Tetapi sebelumnya pastikan wadah lama kamu telah dibersihkan dengan benar dan higienis.

Jika kamu membutuhkan liquid foundation untuk waktu yang singkat, kamu bisa menggunakan cara cepat dengan 2 bahan simpel berikut ini:

3 sendok makan home made lotion
2-3 sendok teh mineral powder alami (sesuaikan dengan shade kulit kamu)

Cara membuat:
Untuk membuat simpel liquid foundation ini, kamu hanya perlu mencampur kedua bahan ini hingga menjadi tekstur yang kamu inginkan. Sebagai percobaan kamu bisa mencoba menambahkan 1 sendok teh home made lotion lalu menambahkan satu sendok teh mineral powder alami. Jika terlalu pekat tambahkan lagi sedikit home made lotion. Takar hingga tekstur pas dengan yang kamu inginkan.

Sumber

https://moeslema.com/1830