Cara membuat Deodoran dari bahan alami dan Cara Membuatny

Di pasaran saat ini banyak sekali yang menjual berbagai merk deodoran, jika ditelisik produk satu ini membuat sebagian orang khawatir terhadap kandungan senyawa kimia pada deodoran seperti paraben, formaldehyde, dan triclosan. Pada deodoran, terdapat kandungan aluminum yang berfungsi untuk mencegah keringat namun menutup pori-pori kulit, serta kandungannya dirumorkan dapat menimbulkan penyakit. Dalam mengatasi hal ini, dibutuhkan langkah/cara alternatif penggunaan deodoran menggunakan bahan alami.

Sebelum membuat deodorant alami, alangkah lebih baiknya mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan manfaatnya

1. Minyak kelapa murni
Bahan pertama untuk membuat deodoran alami ini adalah minyak kelapa murni (virgin coconut oil) yang berbentuk padat. Minyak kelapa ini fungsinya untuk menghaluskan kulit ketiak Anda. Selain itu minyak kelapa juga bisa menghambat tumbuhnya bakteri akibat produksi keringat berlebih di daerah ketiak.

2. Baking soda
Selain untuk membuat kue, baking soda juga bermanfaat untuk kulit. Sifat asam dari baking soda dianggap dapat menghilangkan bau badan dan mencerahkan kulit ketiak yang hitam sehingga cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif.

3. Beeswax
Sedangkan bahan selanjutnya adalah beeswax atau lilin lebah. Lilin lebah ini merupakan bahan yang bagus untuk melembapkan kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga bisa menangkal radikal bebas serta memperbaiki kulit yang kering dan kasar.

4. Tepung maizena
Nah, bahan yang terakhir untuk pembuatan deodoran ini adalah tepung maizena. Tepung ini memiliki manfaat untuk menghambat bakteri yang tumbuh pada ketiak Anda. Selain menghambat pertumbuhan bakteri, tepung maizena ini juga bisa mengurangi jumlah keringat berlebih.

Cara membuat deodoran alami di rumah
Berikut ini cara membuat deodoran alami yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan:

2 sdm minyak kelapa padat (virgin coconut oil)
2 sdm shea butter
2 sdm beeswax (produk perawatan kulit yang terbuat dari sarang lebah madu)
½ sdt baking soda
3 sdm tepung maizena
6 tetes minyak esensial lavender (aroma minyak esensial disesuaikan dengan selera)
2 tetes minyak esensial tea trea (disesuaikan dengan selera)
wadah atau tempat deodoran

Proses pembuatan:

Pertama, campurkan minyak kelapa padat, shea butter, dan beeswax dalam sebuah mangkuk kaca. Lalu, letakkan mangkuk kaca itu ke dalam panci ukuran medium yang sudah diisi dengan air. Tapi ingat, jangan sampai air tersebut masuk ke dalam mangkuk, ya.

Kemudian, didihkan air dalam panci menggunakan api kecil. Ketika air mendidih, pastikan minyak kelapa, beewax, dan shea butter meleleh dengan sempurna sambil terus diaduk-aduk agar merata.

Setelah semua bahan meleleh sempurna, matikan api dan campurkan baking soda serta tepung maizena. Pastikan Anda mencampurnya secara merata dan berulang kali. Sebab, campuran tadi akan memadat saat mendingin dan tidak diaduk. Sebelum memadat, jangan lupa tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma yang Anda suka.

Tempatkan cairan deodoran dalam sebuah wadah. Lalu diamkan sejenak sampai cairan tersebut memadat sempurna.

Source

https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-membuat-deodoran-alami/amp/