Cara membedakan Telur Lama dan Telur Baru

Semakin segar telur maka semakin enak pula masakannya nanti, maka kalian harus bisa membedakan telur lama dan yang baru.
image

Berikut adalah tips bagaimana mengetahui telur yang kita gunakan adalah telur yang masih segar:

  1. Pecahkan telur ke piring, lihat penampilan fisiknya. Telur segar akan memiliki kuning telur yang berwarna kuning cerah dan bentuknya membulat. Putih telur akan membentuk lapisan tebal di sekitar kuning telur. Semakin lama usia telur, putih telur akan menjadi lebih cair dan kuning telur berwarna kuning pucat serta makin datar.

  2. Isi gelas tinggi dengan air dingin. Masukkan telur ke dalam air dengan sendok makan. Telur yang masih segar akan tenggelam di bagian bawah gelas.

  3. Periksa telur dengan cahaya lilin atau lampu baca untuk memeriksa setiap retakan cangkang telur atau adanya noda di dalam telur. Putar telur dan lihat bayangan kuning telur. Pada telur yang masih segar, kuning telur akan tetap di tempat, namun akan bergerak bila telur sudah lebih tua.

  4. Pegang telur dan dekatkan ke telinga, kocok dengan lembut. Telur segar tidak akan menimbulkan suara, sedangkan telur yang lebih tua akan membuat suara sedikit.

sumber