Cara memakai obat kina yang tepat


Kina adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang dikenal dengan plasmodium. Ada empat jenis parasit yang menyebabkan malaria, yaitu Plasmodium falciparum, Plasmodium malariae, Plasmodium ovale, dan Plasmodium vivax. Parasit tersebut menetap di dalam perut nyamuk betina yang terinfeksi dan disebarkan ke manusia melalui gigitan nyamuk.

Kina bekerja dengan cara membunuh parasit malaria yang menetap di dalam sel darah merah setelah memasuki tubuh manusia. Terkadang, kina juga digabungkan dengan obat-obatan lain, seperti primaquine, untuk membunuh malaria yang menetap di jaringan tubuh lain. Bagaimana cara penggunaannya yang tepat?

Menggunakan Kina dengan Benar
Ikutilah anjuran dokter dan bacalah infromasi yang tertera pada label kemasan obat kina sebelum mulai menggunakannya.

Jika mendapatkan perawatan di rumah, konsumsilah kina pada jam yang sama setiap harinya dan sesuai dosis yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan efek obat.

Gunakan air untuk menelan tablet kina. Kina dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi kina, disarankan untuk segera melakukannya begitu teringat apabila jarak dengan dosis selanjutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Jangan berhenti mengonsumsi kina tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, meskipun sudah merasa lebih sehat, untuk mencegah kemungkinan parasit berkembang kembali.

Simpanlah kina pada suhu ruangan dan letakkan di dalam wadah tertutup, sehingga tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Sumber : kina