Cara melepaskan lintah jika tertempel dikulit

Lintah hidup di semak belukar, rerumputan serta di area air tawar. Lintah menempel pada makhluk berdarah panas, termasuk manusia. Saat mengisap darah, lintah dapat mengembangkan ukurannya 10 kali lipat dari ukuran normal. Jika Anda menemukan lintah di tubuh Anda, jangan panik karena lintah tidak menyebarkan penyakit atau menyebabkan luka. Lintah akan melepaskan diri setelah sekitar 20 menit mengisap darah Anda.

Apakah ada yang memiliki tips ide cara mudah agar melepaskan lintah tersebut dari tubuh kita?

image

Cara untuk melepaskan lintah antara lain :

  1. Temukan kepala dan pengisapnya. Kepala lintah memiliki bagian yang lancip sedangkan pengisap merupakan bagian yang menempel di kulit Anda. Jika Anda menemukan lintah di salah satu lengan, batang tubuh atau area yang mudah diakses lainnya
  2. Selip kuku jari Anda ke bawah pengisap. Gunakan satu tangan untuk menarik kulit di dekat pengisap dengan lembut. Lalu, letakkan tangan lainnya di samping lintah dan selip salah satu kuku jari Anda ke bawah pengisap. Lepaskan lintah karena ia akan segera mencoba untuk menempelkan tubuhnya lagi.
  3. Obati luka yang terbuka. Saat lintah mengisap darah, lintah menyuntikkan antikoagulan untuk mencegah darah menggumpal sebelum terisi kembali. Saat Anda melepaskan lintah, mungkin kulit Anda akan berdarah untuk beberapa jam sebelum antikoagulan hilang dari sistem peredaran darah Anda. Bersiaplah untuk mengobati luka yang dalam setelah melepaskan lintah. Bersihkan luka yang terbuka dengan alkohol atau campuran pembersih untuk pertolongan pertama lainnya. Balut dengan perban untuk melindunginya.

NOTE

Pertimbangkan untuk membiarkan lintah selesai mengisap dan lepas dengan sendirinya. Cara mudah untuk melepaskan lintah adalah dengan membiarkannya lepas dengan sendirinya. Lintah memerlukan waktu 20 menit untuk selesai mengisap darah. Setelah itu, lintah akan lepas dari kulit Anda. Lintah tidak akan membuat Anda kekurangan darah. Selain itu, karena lintah tidak menyebarkan penyakit, maka tidak ada kerusakan yang dibuat saat Anda memutuskan untuk membiarkan lintah lepas dengan sendirinya. DAN Hindari melepaskan lintah dengan media lain. Anda mungkin mendengar cara melepaskan lintah dengan menaburkan garam ke tubuhnya, membakarnya, menyemprot dengan pembasmi atau menenggelamkannya dengan sampo. Meskipun cara ini dapat membuat lintah melepaskan gigitannya dari kulit, tetapi muntahan darah akan kembali masuk ke dalam luka. Hal ini dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, lakukan cara yang lebih sehat dengan menggunakan kuku jari atau ujung benda lainnya ke bawah pengisap.

Source wikihow