Cap dari negara mana saja yang dikenal karena keunikannya?

travelling

Kamu yang sering berpergian keluar negeri pasti pernah mendapatkan pertanyaan berikut ini. “Cap di paspor udah banyak dong?” atau ada juga orang yang hobi bilang “Pergi jalan-jalan buat menuh-menuhin cap di paspor aja.” Kalau pernah mendengar kedua hal ini pasti kamu langsung ingat sama cap masuk atau keluar dari imigrasi. Cap masuk atau keluar dari wilayah tertentu ini menjadi bukti catatan perjalanamu. Jadi enggak sembarang orang bisa mengubah atau membubuhkan cap ini. Kalau diperhatikan cap paspor ini ada yang unik loh. Cap dari negara mana saja yang dikenal karena keunikannya?

1. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch
Tenang tulisan di atas bukan salah ketik melainkan nama sebuah desa di Wales yang berada di Eropa. Nama desa ini dinobatkan sebagai desa dengan nama terpanjang kedua di dunia dengan jumlah 58 karakter. Kalau kamu pergi berlibur ke sini sudah pasti mendapatkan cap passport dengan nama desa ini di sekelilingnya.

2. Akhzivland
Kamu mungkin baru pertama kali mendengar nama negara ini. Akhzivland berada diantara Nahariya dan perbatasan Lebanon di pantai barat Israel. Negara mini ini punya cap paspor yang desainnya unik. Desain cap paspor Akhzivland ini menunjukkan keindahan negaranya. Rasanya seperti memiliki karya lukis mahal kalau sudah berhasil mendapatkan cap paspor dari Akhzivland.

3. Kepulauan Cayman
Kamu yang suka sama dua Kings of Convenience pasti sudah enggak asing sama Kepulauan Cayman. Kepulauan milik Inggris ini juga punya cap paspor yang sangat unik. Saat tiba di sini paspormu akan langsung dicap oleh pihak imigrasi. Nah desain cap paspor dari Kepulauan Cayman ini mungkin jadi yang terlucu karena gambar ada gambar prajurit kura-kura.

4. GDN2
Sebenarnya dari sisi desain cap paspor dari Korea Utara ini enggak ada yang istimewa. Malah cap paspor Korea Utara tergolong standar dan ngebosenin. Tapi dibalik capnya yang desainnya biasa aja, cap paspor Korea Utara ini sangat berharga. Bayangkan aja setiap tahunnya hanya ada 1500 orang yang bisa memperoleh cap tanda masuk ke wilayah Korea Utara.

5. Ushuaia
Ushuaia adalah sebuah wilayah di Argentina yang menjadi wilayah paling selatan di muka bumi. Biasanya banyak kapal pesiar yang singgah di Ushuaia ini. Kalau kamu beruntung mengunjungi Ushuaia kamu bisa mendapatkan cap paspor dengan bentuk penguin yang lucu banget.

Sumber: