Cantik dan Karismatik, The Power of Inner Beauty

c608c6940c981f09c06d7fc3e1f2641d
photo by ArtStation (Pinterest)

Cantik dan karismatik adalah dua hal yang sangat-sangat subjektif, bagaimana definisinya tergantung dari siapa yang mendefinisikannya. Satu orang mungkin cantik untuk seseorang namun bisa jadi sangat tidak cantik untuk orang lain—terutama jika menyangkut kecantikan fisik, definisinya bisa sangat beragam, sangat variatif—bisa jadi jumlah definisi cantik yang ada adalah sebanyak jumlah manusia di bumi karena masing-masing memiliki definisinya sendiri.

Singkatnya, cantik adalah sebuah konsep mental yang dibentuk berdasarkan struktur dan konten pikiran orang bersangkutan, yang mana karena setiap orang memiliki struktur dan konten mental yang berbeda-beda makanya konsep mental tentang apa itu cantik pun akan berbeda-beda.

Secara fundamental sama saja dengan cantik—yaitu sama-sama sebuah konsep mental. Namun secara lebih detailnya, karismatik lebih ditentukan oleh konteks dibandingkan konten, dan dengan demikian karismatik merupakan konsep yang lebih dinamis dibandingkan dengan cantik. Seseorang dianggap karismatik setelah menilai bagaimana orang tersebut bersikap dalam sebuah situasi dan bagaimana orang lain bereaksi terhadap sikap dan
pemikiran orang tersebut. Karisma memunculkan rasa kagum yang mengarah pada sikap segan pada seseorang yang dianggap karismatik, sedangkan cantik lebih pada kekaguman yang mengarah pada kecintaan.

Kecantikan yang bersifat inner beauty adalah kecantikan yang berasal dari dalam yang juga bercampur dengan karisma.Singkatnya, cantik dan karismatik adalah dua konsep yang berdekatan, namun tidak selalu berhubungan satu dengan yang lain.

Sumber : Membangkitkan Inner Beauty dan Karisma oleh Putu Yudiantara [Ebook Version]