CAN-SCOPE (Aplikasi)

CAN-SCOPE


Beberapa waktu ini, saya telah bertemu dan berhubungan dekat dengan orang-orang yang hidupnya telah dipengaruhi oleh penyakit kanker, dan itu sangat membuat saya iba. Mereka adalah teman-teman saya yang terdekat dan saya sayangi. Dari yang saya ketahui, sebagai peneliti Bio-medis, itu sangat emosional dan sebuah pengalaman mendidik untuk saya. Saya merasa saya harus melakukan sesuatu secara langsung dan relevan, sesuatu yang dapat membawa semua orang dilingkup umum. Oleh karena itu, aplikasi ini untuk mereka yang yang menderita kanker. Tidak hanya sekedar postingan diagnosis yang berdasarkan umur dan jenis bantuan.

Dalam setiap kasus yang saya alami, untuk pertama kalinya, informasi yang dapat memudahkan hubungan 3 ikatan yaitu pasien, dokter dan peneliti bio-medis. Ini adalah keputusan yang relevan baik bagi 3 ikatan ini. Pada masa sekarang smartphone dan aplikasi banyak diburu oleh semua orang. Sedikit yang dapat saya lakukan bagi pasien dan dokter untuk berkomunikasi dalam satu wadah.


KELEBIHAN

Kelebihan dari aplikasi ini kita memiliki banyak koneksi untuk info-info yang dibutuhkan dan melihat dari banyak permasalahan kanker di dunia aplikasi ini sangat dibutuhkan dan menguntungkan.


KEKURANGAN

Aplikasi ini banyak memiliki saingan dalam bidangnya dan juga banyak yang harus dibenahi dalam pemrogramannya agar lebih nyaman digunakan


POTENSI

Setiap hal memiliki potensinya masing-masing dan aplikasi ini memiliki potensi juga yaitu untuk membantu semua masyarakat umum agar dimudahkan mencegah dan mengobati kanker.


USULAN

Dalam konteks ini saya mengusulkan dikembangkannya aplikasi ini agar dilirik oleh seluruh dunia dan dapat menyadarkan semua orang akan pentingnya aplikasi ini.


PASAR INDONESIA

Mungkin di indonesia aplikasi ini akan sangat membantu dan akan menguntungkan karena dilihat dari tingkat kematian akibat kanker di indonesia sangatlah besar dan juga para dokter di indonesia membutuhkan aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaannya.


• Dr. Natarajan Ganesan, Ph.D

Kelebihan
Aplikasi bersifat gratis dan dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun.

Kekurangan
Aplikasi ini sedang dalam model pengembangan, sehingga masih memerlukan dana sebesar 10.000 dollar.

Potensi
Aplikasi ini dapat bekerja seperti layaknya konsultasi dengan dokter, interaksi langsung dengan perawat medis professional, penyedia informasi tentang penelitian, dan upaya pengobatan, serta manajemen kanker.

Usulan
Karena aplikasi ini bersifat gratis, dan terkadang disepelekan oleh sebagian kecil pengamatnya. Sebaiknya aplikasi ini menyediakan informasi dengan menyertakan bukti yang benar-benar aktual sehingga informasi yang dapat diterima oleh pasien tentunya akurat.

Pasar Indonesia
Di Indonesia, beberapa aplikasi serupa telah berkembang. MoboMarket merupakan pasar pengembang aplikasi yang diluncurkan di Indonesia oleh perusahan Tiongkok, Baidu. MoboMarket sudah mewadahi pengembangan aplikasi Klikdokter.com

Kompetitor di Indonesia
Indonesia telah mengembangkan aplikasi serupa namun dalam beberapa aspek, kinerjanya berbeda.

  1. HaloDoc :
    Aplikasi berbasis mobile iOS dan Android untuk dapat berkonsultasi dengan dokter. Aplikasi ini juga terhubung dengan layanan ApotekAntar sehingga memudahkan pengguna mendapatkan obat. Selain itu juga menyediakan layanan pengecekan laboratorium secara online. Dikenakan tarif untuk setiap konsultasi dan pengecekan.
  2. Klikdokter.com :
    Klinik virtual, merupakan penyedia layanan berbasis web dengan fasilitas konsultasi langsung maupun Tanya jawab pasien dengan dokter berupa livechat dan videocall serta penyedia artikel kesehatan.