Bus Hantu-BusSumber kencono

Selamat siang kawan, Apakah kalian mengenal Bus Sumber Kencono? yap, pasti banyak masyarakat terutama yang tinggal di Jawa Timur atau Jawa tengah. Bus ini memiliki nama plesetan “Sumber bencono” yang artinya sumber bencana. Karena ada satu kejadian di daerah Ngawi, bus sumber kencono menabrak pengendara motor hingga tewas. Bus tersebut dibakar oleh massa. Konon ada yang seorang lelaki menunggu bus ini dari arah yogyakarta. Ada yang terlihat aneh, si kondektur tak kunjung menarik bayaran. Bus pun terlampau sunyi, dan ekspresi para penumpang terlalu datar. Ditanya tidak menjawab, reflek lelaki tersebut menepuk bahu penumpang sampingnya. Ia tak menyangka bahwa tangannya menembus bahunya ia langsung keluar dari bus. Lelaki ini menunggu bus di wilayah Janti. dahulu kala, di Janti pernah ada penumpang yang sedang menunggu bus dan meninggal lantaran ditusuk preman. Dan sampai sekarang dia suka ikut naik bus gitu.

menurut sumber yang saya baca, Jika ditelaah dari sejarahnya, bus Sumber Kencono sudah beroperasi pada tahun 1981. Namun saat itu, bus Sumber Kencono kalah saing dengan bus Flores. Saat itu jumlah armada bus Sumber Kencono kalah jauh dengan bus Flores. Namun kejadian pada tahun 1981 mengubah segalanya. Kala itu bus Flores yang mengangkut siswa – siswi SMP Wijana Jombang tertabrak kerata api. Lantaran, supir bus Flores memaksa menerobos palang kereta api yang sudah terbentang. Alhasil, sebagian besar siswa SMP Wijana Jombang tewas ditempat.

Kejadian inilah yang memicu amarah publik. Semenjak kejadiaan naas itu, bus flores diberi sanksi tidak boleh melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). operasi bus Flores dibatasi oleh pemerintah hanya sampai daerah Mantingan (daerah paling barat dari Jawa Timur). Jika ada penumpang yang ingin ke Solo dari Surabaya maka penumpang harus transit di daerah Mantingan dan melanjutkan perjalanan dengan bus lain. hal ini yang membuat jumlah penumpang bus Flores turun drastis.

Semenjak itu, bus Sumber Kencono laris manis diburu para penumpang. Bukan hanya karena jumlah armadanya yang banyak, tetapi juga karena bus Sumber Kencono berangkat setiap 20 menit sekali. Inilah yang menjadi bus Sumber Kencono semakin dicintai oleh masyarakat.

Namun sistem dari manajemen bus Sumber Kencono terhadap waktu istirahat para supir bus adalah awal mula petaka. Jadi semakin cepat bus Sumber Kencono sampai tujuan, maka waktu istirahat supir bus Sumber Kencono semakin banyak. Tak ayal supir bus Sumber Kencono saling salib menyalib agar memperoleh jatah tidur yang banyak. Tentunya, kecepatan bus yang tidak terkontrol menyebabkan kecelakaan yang sangat sering terjadi terhadap bus Sumber Kencono. Masyarakat sekitarpun menjulukinya bus Sumber Bencono (sumber bencana).

Karena banyaknya kecelakaan, sehingga banyaknya cerita dari mulut kemulut mengenai hantu bus Sumber Kencono. Entah cerita itu valid atau tidaknya. Diceritakaan seorang pemuda yang hendak menuju Surabaya dari Yogyakarta. Saat itu tengah malam jam 12 malam. Setelah dua jam menunggu dan akhirnya bus Sumber Kencono datang. Kondisi bus dalam keadaan ramai. Namun setelah masuk bus tersebut, ada yang tidak beres. Sang kondektur tak kunjung menarik bayaran dan ketika sang pemuda melihat para penumpang lain, mereka memiliki wajah datar tak berekspresi. cukup mengerikan