Bukannya Senang, Kota di Dunia Ini Malah 'Menolak' Kedatangan Turis

Barcelona, Spanyol

Pada tahun 2016, ada lebih dari 34 juta turis yang mengunjungi Barcelona. Terlalu banyaknya jumlah turis tersebut memicu ketidaksenangan dari warga lokal, hingga mereka pun membuat graffiti berisikan pesan anti turis di sudut-sudut kota. Pada bulan Agustus tahun lalu, warga pun melangsungkan protes di Pantai Barceloneta.

Dalam protesnya seperti yang dilansir dari Daily Mail, ada tiga masalah penting yang dikemukakan oleh warga Barcelona pendukung wacana anti turis tersebut. Pertama, banyaknya kegaduhan yang disebabkan oleh para turis yang sedang mabuk, perilaku turis yang tidur sembarangan di pantai setelah mereka berpesta ria sepanjang malam, dan juga membumbung tingginya harga sewa tempat tinggal, dikarenakan banyak rumah yang dibeli hanya untuk kepentingan direntalkan pada para turis.

Dubrovnik, Kroasia

Pemerintah Kota Dubrovnik yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO ini, memutuskan untuk mengurangi jumlah turis yang akan mengunjungi wilayahnya tersebut. Hal ini disebabkan karena UNESCO mengancam akan menghapus status warisan dunia kota tersebut, jika pengunjungnya masih tetap membludak seperti biasanya.

Tembok Dubrovnik yang juga menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Game of Thrones, menjadi salah satu tempat yang paling menarik perhatian para turis di kota ini. Di pertengahan tahun 2017, pemerintah Kota Dubrovnik memutuskan hanya akan menerima kedatangan sebanyak 4000 turis per harinya, dari yang sebelumnya pernah mencapai lebih dari 10 ribu turis.

Sama seperti kota diatas, Kota-kota di Santorini, Yunani pun begitu. Dilansir dari News.com, pemerintah Santorini, Yunani pada tahun lalu telah mengambil keputusan untuk membatasi hanya 8000 turis per harinya, dari yang sebelumnya pernah mencapai 18 ribu orang. Tak hanya karena keluhan dari masyarakat lokal, namun juga karena besarnya dana untuk membiayai pembangunan dan perbaikan di hampir 11% wilayah pulau serta kebutuhan akan air minum yang meningkat hingga 46%.

Saat kita mengunjungi suatu tempat, seyogyanya kita merasa senang, tempat yang kita kunjungi aman, dan warga lokal yang menerima kita pun senang. Pahami hal mana yang harus dan jangan dilakukan saat mengunjungi suatu tempat dan juga jangan melakukan hal-hal yang membuat penduduk setempat merasa terganggu dengan kedatangan kita.