Buah Dari Istighfar


BUAH DARI ISTIGHFAR

Ada sebuah kisah datang dari seorang muslimah yang bernama Nurjannah Ummu Ahnaf yang disampaikan ke saya, semoga Allah memberinya taufik, ia mengatakan “ ketika aku masih akhwat, ada sebuah kejadian, tepatnya saat aku mau pulang ke rumah, di tengan jalan tiba-tiba ban motor pecah, padahal jarak rumah masih jauh dan keadaan di luar semakin gelap, aku dorong motor menuju bengkel, sesampai dibengkel motor mulai diperbaiki, aku hubungi orang-orang terdekat untuk membatu, karena pada saat itu aku tidak memiliki uang untuk membayar, Qadarullah mereka tidak ada yang bisa membantu, aku hanya bisa menangis dengan keadaan ini, tidak tahu apa yang harus disampaikan nanti ke tukang bengkel itu. Akhirnya aku pasrah sambil beristighfar terus menerus dan mengharap kepada Allah, Masyaa Allah luar biasa pertolongan-Nya, tiba-tiba ada seorang teman berhenti di seberang jalan untuk berbelanja, aku datangi dia dan kusampaikan keadaan yang kualami, alhamdulillah ia meminjamkan uangnya”

Kisah di atas mengajarkan kita bahwa semakin sering sesorang mengamalkan kalimat istighfar dalam hidupnya, maka akan semakin terbuka ruang dan pintu baginya untuk mendapatkan kebaikan dan ampunan dari Allah, dengan banyak beristigfar hidup seorang hamba akan lebih berkah, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Moho nlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” ( QS. Nuh: 10 – 12)

Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, Allah telah berjanji akan memberikan solusinya, semua masalah dapat diatasi dengan satu solusi, yaitu istighfar, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan setiap kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesukarannya, dan memberinya rezeki tanpa diduga-duga. "(HR.Abu Dawud).

Selayaknya seorang mukmin selalu memperbanyak istighfar, Rasulullah yang agung saja selalu membasahi lisannya dengan istighfar sebanyak 100x setiap hari, dengan banyak istighfar seorang hamba akan lebih dekat dengan Allah sehingga dapat mengikis perasaan sombong yang ada pada dirinya. Semoga Allah memudahkan lisan kita untuk selalu basah dengan lafal-lafal istighfar.