Breeding, Untuk Pemula

Bagaimana tips breeding untuk pemula?

WMN_26381

Umur yang tepat untuk breeding berbeda-beda untuk tiap rasnya. Jika kita melihat syarat umur minimal kawin pada peraruran yang dibuat oleh Perkin; untuk anjing trah kecil 12 bulan, anjing trah sedang 14 bulan, dan untuk trah besar 20 bulan.

Syarat umur minimal kawin anjing versi Perkin tidak sepenuhnya bisa digunakan , contohnya : menurut Perkin, anjing trah Golden Retriever termasuk anjing trah medium dengan minimal umur kawin 14 bulan. Padahal , trah ini pada umur 14 bulan belum menyelesaikan masa pertumbuhannya. Untuk dog show, trah Golden Retriever umur 14 bulan masih masuk pada kelas remaja. Apakah anjing remaja akan dapat hamil dan menghasilkan keturunan dengan baik?.

Jadi, bagaimana menentukan umur yang tepat agar anjing dapat dikawinkan tanpa mengganggu pertumbuhannya? . Untuk trah kecil dengan ukuran berat badan sampai 10 Kg, minimal usia kawin yang baik adalah pada umur 1,5 tahun atau pada saat anjing mendapat loops (haid) yang ketiga. Trah sedang (medium) dengan berat badan antara 10Kg-25 Kg, minimal usia kawin yang baik adalah pada umur 2 tahun atau pada saat anjing mendapat loops yang keempat. Sedangkan untuk trah besar (large) dengan berat badan diatas 25 Kg, sebaiknya dikawinkan dengan usia minimal 3 tahun.

Penentuan usia breeding diatas dengan mempertimbangkan faktor masa pertumbuhan dan faktor phisiologis sang anjing.